120 peserta ikuti kejuaraan MTB XC Marathon Tanjung Lesung 2019

120 peserta ikuti kejuaraan MTB XC Marathon Tanjung Lesung 2019

Para peserta bersiap-siap di garis start untuk mengikuti kejuaraan balap sepeda Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM) di kawasan Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Sabtu (28/9/2019). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Pandeglang, Banten (ANTARA) - Sebanyak 120 peserta mengikuti balap sepeda gunung Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM) yang menempuh rute 50 kilometer di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Sabtu.

Terdapat tujuh negara yang ikut serta dalam kejuaraan tahun ini, antara lain Thailand, Amerika Serikat, Prancis, Selandia Baru, Belanda, dan Indonesia. Di antara dari mereka adalah atlet, penggemar  serius (sport enthusiast), dan penggemar biasa.

Dua atlet dari tim sepeda nasional seperti Zaenal Fanani dan Rafika M Farishi juga ikut serta dalam lomba balap sepeda yang melintasi jalur berbukit, pantai berpasir, dan jalan berlumpur itu.

Direktur Teknis Perlombaan Kejuaraan MTB XCM dan Rhino Triatlon Taufik Hidayat mengatakan kawasan Tanjung Lesung sudah kembali pulih pasca peristiwa tsunami pada Desember tahun lalu sehingga tidak mengubah rute dan jalannya lomba. Selain itu, kini juga telah ada tim BMKG yang bertugas.

“Setelah peristiwa tsunami kemarin sekarang kami punya tim BMKG. Ada tiga layar TV yang khusus menyampaikan berita tentang BMKG,” kata Taufik.

Selanjutnya, Taufik menuturkan rute pada kejuaraan kali ini 40 persen lebih berat daripada tahun sebelumnya. “40 persen lebih berat daripada tahun lalu. Kemarin (jalur) turun menjadi nanjak,” ujar Taufik.

Pada kejuaraan MTB XCM ini, panitia juga menyiapkan tiga titik pos medis dan empat titik tempat perhentian air. Selain itu, rambu jarak juga dipasang pada setiap titik kilometer sebagai pengingat jarak yang telah dilalui dan sisa jarak tempuh yang harus dilalui para peserta.

Taufik memperkirakan rute sejauh 50 kilometer itu dapat ditempuh selama dua jam bagi para peserta atlet, tiga jam bagi sport enthusiast, dan empat hingga lima jam bagi pehobi sepeda.

Perlombaan sepeda gunung MTB XCM merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Tanjung Lesung 2019. Selain MTB XCM, juga ada kejuaraan Rhino Cross Triathlon yang akan dilangsungkan pada Minggu (29/9).

Baca juga: Menpar buka kejuaraan sepeda dan triathlon Tanjung Lesung 2019

Baca juga: Festival Tanjung Lesung kenalkan sport tourism dan adventures

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pengelola Tanjung Lesung Hotel Mulai Bangkit Pascatsunami

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar