"Itu adalah sebuah batu loncatan yang baik dalam membentuk kaderisasi sebuah organisasi," katanya.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Advokat Indonesia (DPP AAI) Muhammad Ismak secara resmi melantik dua kepengurusan baru di tingkat cabang, yakni DPC AAI Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, setelah sebelumnya melewati proses musyarawah cabang (muscab) beberapa waktu lalu.

Ketua Umum DPP AAI Muhammad Ismak dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu, mengatakan dalam pelantikan pengurus DPC AAI Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat ini banyak generasi baru yang hadir dilantik sebagai susunan pengurus.

"Itu adalah sebuah batu loncatan yang baik dalam membentuk kaderisasi sebuah organisasi," katanya, usai melantik pengurus DPC AAI Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, di Jakarta, Jumat (27/9) malam.
Baca juga: AAI minta advokat tunduk pada kode etik

DPC AAI Jakarta Selatan yang baru kini dipimpin oleh Alfin Sulaiman menggantikan AJ Harris Marbun, sedangkan DPC AAI Jakarta Pusat dipimpin Andreas Nahot Silitonga menggantikan Astro Girsang untuk masa kepemimpinan lima tahun mendatang.

Ismak pun berpesan kepada seluruh pengurus AAI Cabang Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat yang baru agar selalu menjunjung tinggi profesionalitas dalam bekerja, sehingga apa yang dikerjakan menjadi ladang amal dan ibadah bagi seluruh kader AAI.

"Ada semangat milenial yang dibawa oleh para ketua DPC yang baru dilantik ini, dan saya yakin akan membawa AAI semakin maju ke depan. Saya yakin yang mau jadi pengurus di Jaksel dan Jakpus merupakan bagian penting dalam bagian hidupnya. Karena mengurus organisasi itu mengorbankan waktu tenaga dan pikiran dan itu bukanlah kesia-siaan," katanya pula.

Semoga pengorbanan dan perjuangan kalian semua di dalam sebuah organisasi menjadi ladang amal ibadah. Teruslah berkarya. Selamat kepada rekan rekan semua, selamat bertugas dan selamat mengabdi, ujar Ismak.

Ketua DPC AAI Jakarta Selatan Alfin Sulaiman menuturkan bahwa dirinya ingin mewujudkan DPC AAI Jaksel sebagai rumah bersama dan rumah pemersatu bagi para advokat.

"Kami pada prinsipnya sepakat bahwa eksistensi dari sebuah organisasi itu basic-nya adalah adanya kegiatan, kedua bahwa organisasi ini ada dan dapat memberikan manfaat bagi para anggotanya, dan tentunya juga dapat bermanfaat untuk masyarakat luas," ujar Alfin.
Baca juga: AAI Upayakan Advokasi TKI Bermasalah

Ketua DPC AAI Jakarta Pusat yang baru, Andreas Nahot Silitonga menjelaskan bahwa langkah pertama yang akan ia lakukan dalam kepemimpinan yakni mengembalikan fungsi organisasi advokat menjadi lebih baik.

Ia ingin agar para anggota bisa merasakan dampak positif dengan bergabung di DPC AAI Jakpus dan merasakan kenyamanan baik antaranggota maupun dengan pengurus.

"Saya ingin mengembalikan fungsi organisasi yang saya ingin capai itu fungsi sebagai ‘rumah’. Dimana dalam sebuah rumah itu kita bisa merasakan kenyamanan. Dan untuk ke depannya khusus para anggota muda, saya bertekad membuat mereka menjadi advokat yang andal menangani perkara dan juga tentunya berintegritas," ujar Andreas.

Dalam susunan kepengurusannya, Alfin Sulaiman didampingi oleh Rendy Aloysius Kailimang sebagai Sekretaris DPC AAI Jakarta Selatan, sedangkan Andreas Nahot Silitonga didampingi oleh Beverly Charles Panjaitan sebagai Sekretaris DPC AAI Jakarta Pusat untuk periode 2019-2024.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019