Jogja Bike jelajahi kampung wisata Yogyakarta

Jogja Bike jelajahi kampung wisata Yogyakarta

Jogja Bike menggelar program Sepeda Teman Berwisata menuju kampung-kampung wisata di Yogyakarta. ANTARA/HO Jogja Bike/am.

Kegiatan ini rencananya akan digelar rutin, minimal satu bulan sekali
Yogyakarta (ANTARA) - Salah satu layanan bike sharing di Yogyakarta yaitu Jogja Bike menggulirkan program untuk menjelajahi kampung wisata di kota tersebut yang diawali dengan program Sepeda Teman Berwisata atau September pada Sabtu (28/9).

“Kegiatan ini rencananya akan digelar rutin, minimal satu bulan sekali. Kampung wisata yang menjadi tujuan pun berbeda-beda,” kata Komisaris Utama Jogja Bike Triyanto di Yogyakarta, Sabtu.

Program September yang menjadi kegiatan perdana jelajah kampung wisata diawali dari Tugu Pal Putih. Ratusan peserta yang didominasi kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum tersebut kemudian bersepeda bersama menuju Kampung Celeban di Kelurahan Tahunan yang dikenal sebagai sentra batik jumputan.

Selain mengenal keunikan kampung wisata di Kota Yogyakarta, melalui kegiatan tersebut peserta juga diajak untuk mengenal kegiatan unggulan di Kampung Wisata Celeban, termasuk praktik membuat batik dengan teknik jumputan.

“Melalui program ini, kami berharap potensi yang dimiliki kampung wisata di Kota Yogyakarta bisa dikenal lebih luas,” katanya.

Oleh karena itu, Triyanto mengatakan, akan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mengetahui berbagai potensi dari setiap kampung wisata khususnya kampung yang memiliki sentra industri mikro dan kecil seperti kerajinan perak, blangkon, kulit, sangkar burung, hingga kipas.

Ia berharap, melalui program tersebut berbagai potensi dari kampung wisata di Kota Yogyakarta bisa dipromosikan lebih luas, apalagi jarak antar kampung wisata tidak terlalu jauh sehingga bisa dijangkau dengan bersepeda.

Di Kota Yogyakarta saat ini terdapat 17 kampung wisata. Selain Celeban, kampung wisata lain yang bisa dikunjungi adalah Tamansari, Sosromenduran, Sekarniti Gedongkiwo, Dipowinatan, Rejowinangun, Warungboto, Kadipaten, Cokrodiningratan, Pandeyan, Pakualaman, Kauman, Prenggan, Dewobronto, Becak Maju, Sayidan, dan Purbayan.

Selain mengunjungi kampung wisata, Jogja Bike juga merencanakan program berkunjung ke berbagai museum yang ada di Kota Yogyakarta.

“Jogja Bike akan genap berusia satu tahun bulan depan. Layanan akan terus kami perbaiki dan tingkatkan sehingga masyarakat atau wisatawan bisa memanfaatkan layanan ini dengan lebih mudah dan menjadi salah satu alternatif wisatawan saat menikmati Yogyakarta,” katanya.

Baca juga: Jokowi-Iriana naik sepeda ontel ke acara deklarasi Alumni Jogja
Baca juga: Malioboro kini bisa dinikmati sambil bersepeda


Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Grabwheels akan ditempatkan pada jalur sepeda

Komentar