Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) mengaku puas atas penampilan para atlet Pelatnas yang menunjukan peningkatan dalam kejuaraan Jakarta Open Swimming Championship 2019.

"Jadi saya cukup bersyukur kita puas bahwa atlet-atlet Pelatnas menunjukkan progres dan mereka kelihatannya layak untuk pergi SEA Games," ujar wakil ketua umum PB PRSI Harlin Rahardjo di Stadion Akuatik, Senayan, Sabtu.

Para atlet Pelatnas yang turun di Jakarta Open mendominasi nomor-nomor andalannya masing-masing, sebut saja Azzahra Permatahani, Farrel Armandio Tangkas, Ressa Kania Dewi, Ananda Treciel Vanessae Evato, hingga A Fadlan Prawira.

Menurut dia, kejuaraan ini memiliki dua agenda sebagai seleksi terakhir atlet yang nantinya akan dibawa ke SEA Games 2019 dan juga sebagai Pra PON Papua bagi masing-masing daerah.

Baca juga: Pelatih renang Indonesia fokus matangkan teknik jelang SEA Games

Maka atlet-atlet Pelatnas mesti menunjukkan performa terbaik dan tidak boleh kalah dengan atlet di luar Pelatnas. Apalagi sebagai bahan pertimbangan siapa yang akan didaftarkan ke SEA Games 2019.

"Keliatan mereka ada improvement, ada satu dua yang masih kurang memuaskan tapi kalau dilihat progresnya kira-kira masih bisa ditambah latihannya dan juga performance hingga nanti top performance di SEA Games," kata dia.

Disinggung mengenai berapa dan siapa atlet yang akan diberangkatkan ke SEA Games, ia belum bisa memutuskannya. Saat ini terdapat 12 atlet Pelatnas dan satu non Pelatnas yakni AA Istri Kania Ratih yang berpeluang mengisi kontingen renang Indonesia.

"Itung-itungan kita 13 atlet karena kita mau ngirim yang siap aja, karena tadinya kita berharap lebih karena kita punya kuota 19. Kalau kita kirim tapi cuman jadi penggembira saya rasa nggak usah," kata dia.

Baca juga: Azzahra Permatahani pecahkan dua rekornas renang
Baca juga: Farrel Armandio pertajam Rekornas 200 meter gaya punggung

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019