Pandeglang, Banten (ANTARA) - Pebalap sepeda nasional Zaenal Fanani dan Rafika M. Farishi akan menjadi perwakilan Indonesia untuk mengincar satu medali emas pada cabang balap sepeda MTB atau sepeda gunung nomor cross country di SEA Games 2019 Filipina 30 November hingga 11 Desember mendatang.

“Saya ditarget medali. Kalau bisa emas,” kata Zaenal Fanani usai menyelesaikan kejuaraan MTB XC Marathon di kawasan Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Sabtu.

Meskipun ini merupakan debut pertama mereka di SEA Games, Fanani dan Rafika terpilih menjadi pebalap terbaik di antara pebalap XC lainnya seperti Chandra Rafsanjani, Bandi Sugito, Sugianto, Zaenal Fanani, Rafika Mokhamad Parisi, Kusmawati Yazid, Rohidah, dan Noviana, yang layak maju di perhelatan olahraga Asia Tenggara itu.

Pelatih nasional MTB Bandi Sugito mengatakan saat ini kedua atlet itu masih terus melakukan latihan fisik dan persiapan mental di dua bulan menjelang SEA Games 2019.

Baca juga: Zaenal Fanani juarai MTB XC Marathon Tanjung Lesung 2019

Terkait trek atau rute yang akan dihadapi nanti, Bandi mengaku belum mengetahuinya sehingga latihan pun masih belum terlalu difokuskan.

“Kita belum tahu treknya kayak gimana, kita juga belum survei. Tetap kita harus cari tahu kondisi treknya kayak gimana biar kita bisa sesuaikan. Kalau di sana banyak nanjak ya kita banyakin latihan nanjak,” tutur Bandi saat ditemui usai penyerahan medali kejuaraan MTB XCM di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Sabtu malam.

Ketika ditanya terkait negara yang merupakan lawan terberat, Bandi menyebutkan Thailand dan tuan rumah Filipina memiliki pebalap sepeda yang cukup bagus dan bisa menjadi ancaman bagi atlet Indonesia.

“Lawan terberat dari Thailand dan Filipina. Apalagi Filipina lebih menguasai treknya ya kita harus bisa menyesuaikan,” katanya.

Sebelum turun di SEA Games 2019, Fanani dan Rafika akan tampil terlebih dulu pada Asia MTB Championship Series di Timor Leste pada Oktober mendatang.

Baca juga: Balap sepeda bidik dua emas pada SEA Games 2019

Sebelumnya, Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) mengincar dua medali emas untuk balap sepeda di SEA Games 2019.

"Walaupun tadi sangat antusias kita berpotensi dapat tiga (medali) emas, kami dari PB ISSI sudah menetapkan target minimal adalah dua (medali) emas," kata Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Raja Sapta Oktohari di Jakarta, 9 September lalu.

Pada SEA Games 2019, balap sepeda hanya akan mempertandingkan disiplin MTB (downhill dan cross country) serta BMX termasuk free style. Selain itu juga akan mempertandingkan disiplin jalan raya atau road race.

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019