Liga Jerman

Bulan madu Nagelsmann dengan Leipzig diakhiri Schalke

Bulan madu Nagelsmann dengan Leipzig diakhiri Schalke

Pelatih RB Leipzig Julian Nagelsmann diberi kartu kuning oleh wasit Manuel Grafe dalam pertandingan Liga Jerman melawan Schalke 04 yang dimainkan di Red Bull Arena, Leipzig, Sabtu (28/9/2019 ) malam WIB. (ANTARA/REUTERS/MATTHIAS RIETSCHEL)

Jakarta (ANTARA) - Masa bulan madu Julian Nagelsmann dengan RB Leipzig diakhiri Schalke 04, setelah Die Knappen mendulang kemenangan 3-1 di Red Bull Arena pada pertandingan Liga Jerman yang dimainkan pada Sabtu malam.

Kekalahan 1-3 ini sekaligus membuat Leipzig turun dua strip. Posisi mereka di pucuk klasemen direbut Bayern Munich yang menang 3-2 atas Paderborn, sedangkan Schalke berhak naik ke peringkat kedua karena unggul selisih gol atas Leipzig, demikian dilansir laman resmi Liga Jerman.

Kekalahan ini juga sekaligus menjadi kekalahan perdana bagi Leipzig di bawah asuhan pelatih muda Nagelsmann pada liga musim ini.

Baca juga: Tundukkan Bremen, Leipzig rebut kembali pucuk klasemen dari Bayern

Tampil sebagai tuan rumah, Leipzig berusaha menekan sejak awal. Peluang mereka dapatkan melalui sepakan Marcel Sabitzer yang membentur mistar gawang, sebelum kapten sekaligus kiper Schalke Alexander Nubel melakukan penyelamatan ganda untuk menggagalkan upaya Emil Forsberg dan bola pantul Sabitzer.

Namun setelah itu kendali permainan dipegang Schalke. Salif Sane mengemas gol pertama Schalke ketika ia berada di posisi yang tepat untuk menyambar bola tendangan sudut Bastian Oczipka pada menit ke-29.

Schalke menggandakan keunggulan dua menit sebelum turun minum. Amine Harit dijatuhkan Amadou Haidara di kotak terlarang tim tuan rumah, dan pengatur permainan asal Maroko itu sukses mengeksekusi penalti untuk membawa timnya unggul dua gol.

Leipzig mencoba memegang kendali permainan pada babak kedua, namun Schalke selalu terlihat membahayakan saat melakukan serangan balik.

Gol ketiga Schalke kemudian tercipta melalui skema serangan balik pada menit ke-58. Harit mengirimkan bola kepada Rabbi Matondo, dan pemain Wales itu mampu menaklukkan kiper Peter Gulacsi untuk mencatatkan gol perdananya di Liga Jerman.

Emil Forsberg mencetak gol pelipur lara bagi Leipzig tujuh menit sebelum laga usai, melalui sepakan jarak jauh yang sempat mengenai tangan Nubel namun bola tetap meluncur masuk ke dalam gawang Schalke.

Ambil alih

Nasib buruk Leipzig dimaksimalkan benar oleh Bayern Munich. Bertandang ke markas tim juru kunci, Bayern sukses membawa pulang tiga poin berkat kemenangan 3-2.

Tambahan tiga poin ini membawa pasukan Niko Kovac mengkudeta Leipzig dari puncak klasemen dengan koleksi 14 poin.

Laga baru berjalan 15 menit, Bayern telah unggul melalui gol Serge Gnabry memanfaatkan assist dari pemain pinjaman Philippe Coutinho.

Countiho kemudian ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-55. Kali ini Gnabry yang berperan sebagai pengumpan, setelah ia mendapat operan dari Joshua Kimmich.

Paderborn sempat memperkecil ketertinggalan pada menit ke-68 melalui pemain pengganti Kai Proger. Tetapi tidak ada kejutan yang tercipta setelah Robert Lewandowski mengemas gol ketiga Bayern pada menit ke- 79.

Jamilu Collins sempat memperkecil ketertinggalan timnya enam menit sebelum laga usai, namun kemenangan 3-2 telah diamankan pasukan Bavaria.

Tim-tim penghuni peringkat keempat dan kelima, Borussia Moenchengladbach dan Bayer Leverkusen, sama-sama mencatatkan kemenangan 3-0. Baik Moenchengladbach dan Leverkusen memiliki poin yang sama dengan Leipzig dan Schalke, yakni 13 poin.

Baca juga: Jadwal Liga Jerman: Mampu jegal Lepizig, Schalke?

Moenchengladbach mendulang kemenangan 3-0 di markas Hoffenheim berkat gol-gol Alassane Plea (43'), Marcus Thuram (65'), dan Florian Neuhaus (83'). Sedangkan Leverkusen memukul tuan rumah Augsburg dengan skor yang sama berkat gol-gol Florian Niederlechner(OG 34'), Kevin Volland (76'), dan Kai Havertz (84').

Satu tim lagi yang mendulang kemenangan di markas lawan adalah Wolfsburg yang menang 1-0 atas Mainz 05 berkat gol semata wayang Marcel Tisserand (9').

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Jerman:

RB Leipzig (4-2-2-2): Peter Gulacsi, Nordi Mukiele (Chrisopher Nkunku 74', Dayot Upamecano, Willi Orban, Marcel Halstenberg, Amadou Haidara, Diego Demme (Adeola Lookman 60'), Macel Sabitzer, Emil Forsberg, Yussuf Poulsen (Mattheus Cunha 65'), Timo Werner

Schalke 04 (4-2-3-1): Alexander Nubel, Jonjoe Kenny, Benjamin Stambouli, Salif Sane, Bastian Oczipka, Suat Serdar, Omar Mascarell (Ozan Kabak 82'), Rabbi Matondo (Alessandro Schopf 85'), Weston McKennie, Amine Harit (Daniel Caligiuri 69'), Guido Burgstaller

Penerjemah: A Rauf Andar Adipati
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar