Kepada seluruh siswa untuk tidak terlibat dalam setiap unjuk rasa apalagi terprovokasi ke hal-hal anarkis
Kendari (ANTARA) - Para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat se-Kota Kendari, Sulawesi Tenggara hari ini diliburkan untuk mencegah keterlibatan para siswa mengikuti aksi unjuk rasa.

"Meskipun siswa/siswi tidak mengikuti proses belajar mengajar di kelas seperti hari-hari biasa namun para guru memberi tugas untuk diselesaikan secara mandiri," kata Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra,  Asrun Lio di Kendari, Senin.

Kebijakan sehari meliburkan siswa/siswi dicapai pada rapat bersama para kepala sekolah, Forkopimda, tokoh masyarakat dan para rektor yang dipimpin Gubenur Sultra Ali Mazi.

Baca juga: Kemendikbud terbitkan edaran pencegahan peserta didik ikut unjuk rasa


Sedangkan pendidik dan tenaga kependidikan tetap menyelenggarakan pelayanan dan menunaikan tanggung jawab di sekolah seperti biasa.

"Hari ini siswa/siswi diliburkan mengantisipasi aksi unjuk rasa yang tidak terkendali yang dapat berdampak pada keamanan siswa di Kota Kendari. Mudah-mudahan penyampaian aspirasi hari ini berjalan sesuai harapan," ujar Asrun.

Mengimbau kepada para kepala sekolah dan dewan guru serta orang tua siswa agar mengingatkan dan menekankan kepada seluruh siswa untuk tidak terlibat dalam setiap unjuk rasa apalagi terprovokasi ke hal-hal yang sifatnya anarkis dan kekerasan.

Baca juga: Korban meninggal saat aksi massa di Kendari jadi dua orang


"Siswa itu masih tanggung jawab guru dan orangtua karena menurut undang-undang statusnya masih sebagai warga negara yang dilindungi, belum dewasa, belum bisa mengambil keputusannya sendiri. Baik guru, kepala sekolah dan orang tua jangan sampai tidak tahu anaknya mengikuti unjuk rasa" katanya mengingatkan.

Orang tua siswa, Nasruddin (48) mengatakan kebijakan meliburkan siswa/siswi maupun murid Sekolah Dasar (SD) berkenaan dengan aksi unjuk rasa sudah tepat, demi keselamatan anak-anak.

"Walaupun tidak ada instruksi libur bagi anak-anak saya sudah berinisiatif untuk meliburkan anakku hari ini. Lebih baik di rumah daripada terkena dampak unjuk rasa," kata Nasruddin.

Baca juga: Dua mahasiswa di Kendari tewas, Menristekdikti minta usut tuntas
 

Pewarta: Sarjono
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019