Kami terus melakukan droping air bersih sesuai pengajuan masyarakat yang membutuhkan bantuan untuk kebutuhan sehari-hari
Boyolali (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Boyolali melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah melakukan droping air bersih sebanyak 768 tangki untuk bantuan masyarakat di 12 wilayah kecamatan terdampak kekeringan selama musim kemarau tiba.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Boyolali Bambang Sinungharjo, di Boyolali, Senin mengatakan, sejak Bupati Boyolali menurunkan surat tanggap darurat tanggal 1 Juli hingga akhir September ini, sudah menyalurkan bantuan droping air bersih ke masyarakat sebanyak 768 tangki atau 3.840.000 liter di 12 kecamatan.

Baca juga: Darurat kemarau sudah melanda sebagian besar wilayah Garut

"Bantuan droping air bersih itu, melalui dana ABPD Boyolali 2019 sebanyak 263 tangki, dan donatur atau CSR perusahaan sebanyak 505 tangki," kata Bambang Sinungharjo.

Pihaknya menyalurkan bantuan air bersih sesuai permintaan masyarakat melalui RT/RW atau desa ke kecamatan langsung dapat dikirim bantuan air untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Sebanyak 8.522 warga Magetan alami krisis air bersih

Dia mengatakan pada musim kekeringan tahun ini, terparah di wilayah pemekaran kecamatan yang baru, yakni Wonosamodro ada 8 desa yang meminta bantuan air bersih. 8 desa ini, sudah mendapatkan bantuan 233 tangki air bersih untuk masyarakat untuk kebutuhan masak dan minum.

"Delapan desa di Wonosamodro yakni Gilirejo, Bercak, Gunungsari, Bengle, Garangan, Kalimas, Repaking, dan Jati Lawang. Terparah Desa Garangan dan Kalinanas masing-masing sudah mendapat droping air sebanyak 48 tangki," katanya.

Baca juga: Jumlah desa terdampak kekeringan di Ngawi bertambah

Selain itu, di Kecamatan Wonosegoro juga ada 178 tangki bantuan air bersih untuk lima desa yang mengalami kekeringan yakni Bojong, Guwo, Bandung, Gosono, dan Kedungpilang. Terparang di Desa Bojong mendapat bantuan 77 tangki dan Guwo 57 tangki.

Droping air bersih kecamatan lain yakni Juwangi sebanyak 97 tangki, Kemusu 142 tangki, Karanggede lima tangki, Tamansari 70 tangki, Musuk 17 tangki, Boyolali kota tiga tangki, Selo 9 tangki, Andong lima tangki, Gladagsari enam tangki.

"Kami terus melakukan droping air bersih sesuai pengajuan masyarakat yang membutuhkan bantuan untuk kebutuhan sehari-hari," katanya.

Winarti (45) warga Desa Garangan Kecamatan Wonosamodro masyarakat di Desa Garangan mayoritas memanfaatkan air dengan membuat sumur kecil di dasar sungai yang mengering desa setempat. Hal ini, dilakukan setiap musim kemarau tiba.

Namun, air sungai tersebut sebenarnya tidak layak dikonsumsi untuk minum dan masak. Dengan adanya bantuan air bersih dari pemerintah membantu meringankan beban masyarakat setempat.

"Warga di sini selalu kesulitan air setiap musim kemarau tiba. Pemerintah kecamatan juga sempat pernah membuat sumur dalam, tetapi tidak keluar airnya," katanya.
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019