Subuh tadi tim dari BPJN II Wilayah Medan/Riau Kementerian PUPR sudah hadir di lokasi, juga alat berat. Insya Allah pagi akan dimulai rencana awal pembuatan jalan alternatif
Siak (ANTARA) - Ruas jalan lintas Pekanbaru-Duri, Kabupaten Siak di km70 atau di Kecamatan Kandis longsor pada Minggu (29/9) sehingga arus kendaraan di jalur tersebut tersendat.

Alat berat dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II sudah diturunkan untuk membuat jalan alternatif dan memperbaiki jalan yang longsor.

"Subuh tadi tim dari BPJN II Wilayah Medan/Riau Kementerian PUPR sudah hadir di lokasi, juga alat berat. Insya Allah pagi akan dimulai rencana awal pembuatan jalan alternatif," kata Camat Kandis, Irwan Kurniawan dihubungi dari Siak, Senin.

Baca juga: BBKSDA Riau pertahankan Hutan Talang dari proyek jalan

Dia mengatakan bahwa longsor sudah memakan hingga setengah badan jalan sehingga jalan tidak bisa dilalui.

"Saat ini di bawah jalan bolong sehingga sangat berbahaya dan bisa jatuh ke bawah jika jalan tetap dilintasi," katanya.

Terkait hal ini, Kepala Satlantas Polres Siak, AKP Birgitta Atvina Widjayanti juga menyampaikan adanya pengalihan arus lalu lintas.

Kendaraan dari arah Bengkalis dialihkan melalui jalur alternatif ke arah Sungai Pakning yang dari arah Duri dialihkan ke Simpang Belutu.

Baca juga: Akibat hujan deras, jalan lintas Pekanbaru-Duri di Kandis Siak amblas

"Untuk kendaraan bermuatan berat yang saat ini berada di lokasi sementara tidak diperkenankan untuk melintas dan diparkir sementara. Kendaraan kecil yang masih memungkinkan diperkenankan untuk melintasi jalan alternatif," katanya.

Situasi saat ini di lokasi, katanya, sedikit terjadi pemadatan kendaraan namun masih tetap lancar.

"Kondisi selanjutnya akan disampaikan kembali. Diimbau kepada pengendara agar mengutamakan keselamatan dalam berkendara," katanya.

Lokasi jalan di km 70 tersebut mengalami amblas pada sisi bawahnya akibat tanah longsor karena hujan yang melanda wilayah setempat.

Menurut dia, hujan lebat yang terjadi di km 70 Kandis sudah berlangsung sejak Minggu (29/9) pukul 14.30 WIB hingga usai Ashar.

Akibatnya terjadi longsor pada pukul 18.00 WIB, Minggu (29/9). Pihak terkait sudah memantau lokasi termasuk Bupati Siak, Alfedri bersama Dinas Pekerjaan Umum Siak.

Baca juga: Enam perlintasan gajah dibangun di tol Pekanbaru-Dumai

 

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019