ACT siap bantu angkut pengungsi korban kerusuhan Wamena

ACT siap bantu angkut pengungsi korban kerusuhan Wamena

Warga antre menaiki pesawat milik TNI di Bandara Wamena, Jayawijaya, Papua, Sabtu (28/9/2019), menyusul kerusuhan yang merenggut nyawa di Wamena pada 23 September 2019. (ANTARA FOTO/IWAN ADISAPUTRA)

Makassar (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyatakan siap menyewa pesawat terbang untuk membantu mengangkut pengungsi korban kerusuhan di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Papua.

"Sekarang ini semua pihak sedang menantikan uluran tangan kita, bantuan kita, dan kami di ACT siap memfasilitasi," kata Manajer Cabang ACT Sulawesi Selatan Syahrul Mubarak di Makassar, Senin.

Ia mengatakan, pengungsi korban kerusuhan di Wamena cukup banyak sedangkan layanan penerbangan tersedia terbatas. Oleh karena itu ACT ingin menyewa beberapa pesawat komersial untuk membantu korban kerusuhan Wamena yang ingin mengungsi ke luar daerah.

"Situasi di sana sangat mencekam, menyelamatkan diri saja itu sudah kesyukuran. Banyak pengungsi ingin meninggalkan Wamena karena situasi memang mencekam," katanya.

Syahrul menyatakan bahwa ACT berkoordinasi dengan pejabat instansi terkait dan otoritas bandara dalam membantu pengangkutan pengungsi dari Wamena.

"Bandara Wamena itu tidak besar dan tidak bisa memuat pesawat Boeing dan Airbus. Mungkin hanya pesawat-pesawat yang seat-nya terbatas, tetapi bisa melakukan flight beberapa kali. Kita juga aktif koordinasi dengan semua pihak untuk memperbaharui kondisi keamanan di sana," katanya.

Demonstrasi diwarnai kerusuhan di Wamena pada 23 September menyebabkan lebih dari 30 orang meninggal dunia dan mengakibatkan kerusakan kendaraan, bangunan dan fasilitas umum.

Baca juga:
7.278 warga Jayawijaya masih berada di pengungsian pascakerusuhan di Wamena

ACT buka posko kemanusiaan untuk korban kerusuhan Wamena di Makassar
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ridwan Kamil ajak korban kerusuhan Wamena makan malam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar