Kebun Raya Cibodas makin diminati, jumlah pengunjungi lampaui target

Kebun Raya Cibodas makin diminati, jumlah pengunjungi lampaui target

Ilustrasi: Sejumlah anggota Komunitas Tanaman Karnivora Indonesia (KTKI) di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat (ANTARA FOTO/Virna Puspa Setyor)

Angka kunjungan cukup tinggi karena libur hari raya dilanjutkan dengan libur panjang sekolah
Cianjur (ANTARA) - Kebun Raya Cibodas (KRC) di Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, mencatat angka kunjungan sepanjang tahun 2019 mencapai 619.843 wisatawan melebihi dari target 550.000 orang.

Humas Kebun Raya Cibodas, Dwi Novia Puspitasari pada wartawan, Senin, mengatakan sejak awal tahun hingga akhir September tingkat kunjungan ke lokasi wisata itu sudah melampaui target sebesar 112 persen.

Sejak bulan Januari hingga September, lanjut dia, angka kunjungan tertinggi Kebun Raya Cibodas terjadi pada bulan Juni dengan angka kunjungan 165.515 orang dan bulan Juli sebanyak 99.342 orang.

"Angka kunjungan cukup tinggi karena libur hari raya dilanjutkan dengan libur panjang sekolah, sehingga angka kunjungan meningkat beberapa kali lipat dari libur akhir pekan," katanya.

Hingga saat ini, angka kunjungan setiap akhir pekan masih tetap tinggi meskipun jalur Puncak, Jawa Barat, terkenal dengan macet panjang dan antrian yang cukup lama, namun tidak mengurangi minat pendatang untuk berwisata di alam terbuka itu.

"Tingkat kunjungan sepanjang tahun 2019, akan terus meningkat dan lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya karena tiga bulan ke depan diperkirakan angka kunjungan akan terus bertambah hingga 700 ribuan lebih pengunjung," katanya.

Sedangkan angka kunjungan wisatawan asing yang didominasi wisatawan Timur Tengah, tambah dia, masih tinggi terutama setelah hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, menjadikan Kebun Raya Cibodas sebagai tempat kunjungan favorit.

"Meskipun kita hanya melakukan penataan, belum melakukan penambahan fasilitas, namun tidak mengurangi minat wisatawan untuk berkunjung. Terlebih setelah jalur Puncak dapat dilalui kembali kendaraan besar seperti bus," katanya.

Baca juga: Puluhan ribu wisatawan padati Kebun Raya Cibodas

 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pengunjung wisata Tanah Lot capai 12 ribu orang per hari

Komentar