Jakarta (ANTARA) - Massa demonstran yang berencana akan melakukan aksi demonstrasi mulai merangsek ke belakang Gedung DPR/MPR RI, tepatnya di sekitar Stasiun Palmerah Jakarta, mengakibatkan akses Jalan Gelora, Senayan, ditutup.

Berdasarkan pantauan, massa yang sebelumnya berkonsentrasi di sekitar Jalan Palmerah Selatan, mulai menyeberangi perlintasan rel dan merangsek ke pintu belakang Gedung DPR/MPR RI.

Baca juga: Konsentrasi massa mulai terlihat di dekat Stasiun Palmerah

Baca juga: Demo DPR, massa pelajar mulai padati Flyover Slipi


Ratusan massa yang didominasi pelajar berseragam putih abu-abu tersebut mulai meneriakkan kata-kata berbau provokatif.

"Buka, buka, buka jalannya, buka jalannya sekarang juga. Tugasmu mengayomi pak polisi," teriak pelajar, sambil sesekali menyanyikan lagu-lagu nasional.

Ratusan aparat kepolisian dari Sabhara Polda Kalimantan Tengah dan Brimob Polda Banten yang berjaga sejak pukul 13.00 WIB, mulai menutup akses Jalan Gelora di kedua arahnya, serta membentuk barisan barikade tepat di depan aksi massa.

Baca juga: Polisi imbau anak di bawah umur tinggalkan area demo DPR

Baca juga: Ratusan pelajar SMA/SMK di Yogyakarta ikut aksi #GejayanMemanggil2


Kendaraan water cannon dan mobil baracuda serta mobil pengurai massa juga nampak disiagakan di sekitar lokasi.

Seperti diketahui, dalam satu minggu terakhir telah terjadi demo yang diinisiasi oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.

Mereka menuntut 7 hal dengan tuntutan utama menolak RKUHP, RUU Pertambangan Minerba, RUU Pertanahan, RUU Permasyarakatan, RUU Ketenagakerjaan.

Selain itu mereka mendesak UU KPK dan UU SDA dibatalkan serta disahkannya RUU PKS dan Perlindungan Pekerja Rumah Tangga.

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019