Menaruh harapan dan kepercayaan penuh kepada Presiden terpilih Joko Widodo
Jakarta (ANTARA) - Organisasi massa (ormas) pendiri Partai Golkar, yakni SOKSI, MKGR, dan Kosgoro 1957 atau yang disebut Trikarya mendukung penuh sekaligus menaruh harapan dan kepercayaan kepada Presiden terpilih Joko Widodo - Ma'ruf Amin

"Menaruh harapan dan kepercayaan penuh kepada Presiden terpilih Joko Widodo untuk memimpin bangsa negara secara 'powerfull' menurut sistem presidensial sesuai Konstitusi UUD 1945, dalam rangka melanjutkan percepatan pembangunan nasional di segala bidang menuju kesejahteraan rakyat yang makin berkeadilan, ke arah negara kesejahteraan," kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Ormas Kosgoro 1957, Agung Laksono, di Jakarta, Senin.

Kemudian, berkaitan dengan kericuhan yang terjadi belakangan ini, Trikarya mengecam keras para aktor provokator dan para dalang yang berperan dibaliknya, yang dengan tujuan merongrong kewibawaan dan kredibilitas pemerintah serta agenda menggagalkan pelantikan Presiden RI Jokowi dan Wakil Presiden Makruf Amin pada tanggal 20 Oktober 2019.

Baca juga: Pengamat kritisi pemerintahan Jokowi pascarevisi UU KPK

Tiga ormas tersebut dalam pernyataan sikap terhadap dinamika politik nasional belakangan ini menilai bahwa gerakan para aktor provokator dan para dalang kerusuhan itu adalah gerakan politik praktis inkonstitusional.

"Trikarya meminta kepada Polri dan lembaga-lembaga negara terkait untuk mengusut tuntas para dalang dan aktor intelektual yang terlibat dalam gerakan politik inkonstitusional itu serta menindaknya secara tegas sesuai hukum yang berlaku," kata Agung.

Ormas pendiri Pertai Golkar tersebut turut prihatin atas tindakan anarkis dan kerusuhan yang terjadi dalam aksi demonstrasi di Jakarta dan di berbagai daerah baru-baru ini. Kejadian tersebut dinilai sangat merugikan kehidupan bangsa dan ketenteraman rakyat.

Baca juga: Zulkifli Hasan ajak semua bersatu dukung pemerintahan Jokowi-Amin

"Terhadap timbulnya beberapa korban jiwa di dalam kerusuhan kerusuhan itu, Trikarya sangat prihatin dan menyampaikan rasa dukacita yang mendalam," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019