Tenis

Juara US Open Bianca Andreescu lolos ke turnamen WTA Finals

Juara US Open Bianca Andreescu lolos ke turnamen WTA Finals

Petenis putri Kanada usia 19 tahun Bianca Andreescu memperlihatkan piala kemenangannya setelah mengalahkan petenis tuan rumah Serena Williams dalam babak final Turnamen Tenis AS Terbuka, di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, AS, Sabtu (7/9/2019) (ANTARA FOTO/Reuters-Robert Deutsch-USA TODAY Sports)

Jakarta (ANTARA) - Juara US Open Bianca Andreescu lolos untuk pertama kalinya ke turnamen WTA Finals yang akan digelar di Shenzhen, China pada 27 Oktober hingga 3 November mendatang.

Selain Bianca Andreescu, Asosiasi Tenis Putri (WTA) pada Senin juga mengumumkan bahwa petenis Rumania Simona Halep dan pasangan ganda putri Gabriela Dabrowski dan Xu Yifan lolos ke turnamen penutup musim yang memperebutkan total hadiah 14 juta dolar AS.

Baca juga: Juara US Open Bianca Andreescu akan bermain di China Open

Halep dan Andreescu menjadi petenis tunggal putri ketiga dan keempat yang meraih tiket turnamen penutup musim, bergabung bersama petenis Australia Ashleigh Barty dan petenis Republik Ceko Karolina Pliskova.

Petenis Kanada Andreescu akan menjalani debutnya pada turnamen tersebut menyusul lompatan besar musim ini dengan merebut tiga gelar WTA, termasuk gelar US Open. Andreescu menjadi petenis Kanada pertama yang berhasil memenangi gelar turnamen Grand Slam.

Andreescu juga memenangi trofi pada turnamen BNP Paribas Open di Indian Wells dan turnamen Rogers Cup di Toronto untuk menjadi petenis Kanada pertama yang menjuarai turnamen itu dalam 50 tahun.

Dalam usianya yang 19 tahun, Andreescu akan menjadi pemain termuda yang lolos ke turnamen WTA FInals sejak Carolina Wozniacki pada 2009 juga pada usia 19 tahun. Andreescu juga menjadi petenis putri Kanada keempat yang berkompetisi pada WTA FInals, setelah Eugenie Bouchard pada 2014, Helen Kelesi pada 1988-89, dan Carling Bassett-Seguso pada 1984-1985.

Baca juga: Andreescu dijadikan nama jalan di Mississauga Kanada

“Ini merupakan tahun yang luar biasa bagi saya dan saya sangat sungguh menantikan untuk mengakhiri musim di Shisedo WTA Finals Shenzhen. Saya selalu bermimpi berkompetisi di WTA Finals dan saya sangat bangga dengan semua pekerjaan tim saya,” kata Andreescu seperti dilaporkan laman resmi WTA.

Simona Halep juga menikmati musim yang menonjol pada tahun ini, yang ditandai dengan gelar Grand Slam keduanya di Wimbledon.

Petenis Rumania itu juga tampil pada pertandingan perebutan gelar di Doha dan Madrid pada awal tahun ini dan mencapai semifinal pada turnamen di Miami Open.

Bagi Halep ini merupakan yang keenam kalinya dia lolos ke WTA Finals, meski pada musim 2019 ini akan menjadi penampilan kelimanya setelah mengundurkan diri pada turnamen tahun lalu karena cedera punggung.

Pewarta: Irwan Suhirwandi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar