Papua Terkini - Bantuan untuk perantau di Wamena terkumpul Rp369 juta

Papua Terkini - Bantuan untuk perantau di Wamena terkumpul Rp369 juta

Kondisi perantau Minang di Wamena. (ANTARA SUMBAR/ist)

Padang (ANTARA) - Bantuan dari seluruh lapisan masyarakat untuk perantau di Wamena di rekening Sumbar Peduli Sesama saat ini baru mencapai Rp369 juta yang disumbang dari 302 orang serta instansi.

"Ini kondisi Senin pukul 11.30 WIB.Kami akan tetap informasikan bantuan yang masuk secara transparan," kata Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman di Padang, Senin.

Jumlah itu meningkat cukup signifikan dari jumlah yang dirilis sebelumnya yaitu Rp182,1 juta dengan 258 penyumbang pada Sabtu (28/9).

Jasman mengatakan bantuan untuk perantau Sumbar di Wamena tidak diharuskan melalui rekening yang dibuka Pemprov Sumbar di Bank Nagari. Masyarakat bisa mengirimkan sendiri bantuan tersebut, apalagi kalau memang ada saudara dan pihak keluarga yang terkena musibah di perantauan itu.

Ia mengingatkan bagi masyarakat yang ingin membantu, tetapi tidak tahu kemana akan mengirimkan bantuan, bisa disalurkan melalui rekening Sumbar Peduli Sesama yang dibuat Biro Bina Mental Pemprov Sumbar.

Rekening itu Bank Nagari 2101.0210. 07340-3 atas nama Sumbar Peduli Sesama.

"Berapapun yang terkumpul akan kami umumkan secara berkala dan akan dimanfaatkan untuk membantu pemulangan perantau yang ingin balik kampung," katanya.

Sementara itu proses pemulangan rencananya dilakukan melalui laut dengan menyewa kapal milik Pelni dari Papua langsung ke Teluk Bayur, Padang.

Pemprov Sumbar mengupayakan dana talangan dari Baznas untuk membiayai pemulangan itu dan jika sumbangan dari masyarakat terkumpul akan digunakan untuk mengganti uang Baznas.
Baca juga: Sumatera Barat galang dana untuk pulangkan 900 warganya dari Wamena
Baca juga: Butuh Rp4,5 miliar untuk bantu perantau Minang di Wamena

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Penyaluran donasi perantau Minang korban Wamena terkendala data

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar