Konferensi SGDs bakal angkat isu lingkungan laut

Konferensi SGDs bakal angkat isu lingkungan laut

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro (ANTARA News/Dewa Wiguna)

Kami butuh keterlibatan mereka lebih aktif, sehingga pemerintah tidak sendiri
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan konferensi tahunan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) akan mengangkat isu lingkungan laut karena menjadi permasalahan Indonesia dan global.

"Ini masalah yang belum terpecahkan dan masih menjadi kekhawatiran kita adalah sampah plastik dengan segala akibatnya terhadap binatang laut, manusia dan kesehatan," katanya di kantor Bappenas di Jakarta, Senin.

Menurut dia, sebanyak 17 tujuan dalam SDGs itu meliputi empat pilar, salah satunya lingkungan baik darat dan laut yang masih banyak masyarakat belum menyadari pentingnya sektor tersebut.

Masalah laut, lanjut dia, tidak hanya terkait sampah plastik tetapi juga pencemaran laut dari tumpahan minyak dan aktivitas manusia khususnya dalam sektor pariwisata di laut.

Padahal, kata dia, juga menyangkut potensi ekonomi dan banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari laut, termasuk masyarakat pesisir dan nelayan.

Nantinya, dalam konferensi tersebut masalah lingkungan laut akan dilakukan dalam beberapa pendekatan yakni bersifat ilmiah, advokasi dan menarik partisipasi generasi muda.

Tujuannya, kata dia, agar generasi milenial semakin peduli dengan kondisi lingkungan laut dan ikut merawat aset yang memberikan nilai bagi kehidupan manusia dan ekosistem di dalamnya.

Selain konferensi, forum tersebut juga menghadirkan festival untuk menyasar lebih luas generasi muda agar mereka memahami pentingnya laut.

"SDGs itu tujuan bersama, maka itu kami buat festival yang sifatnya merangkul kelompok masyarakat lebih luas, menyasar kalangan muda. Kami butuh keterlibatan mereka lebih aktif, sehingga pemerintah tidak sendiri," ujarnya.

Konferensi tahunan SDGs yang kedua akan digelar 8-9 Oktober 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta, Sebelum itu, Bappenas akan mengadakan festival 5-6 Oktober 2019 di Plaza Senayan, Jakarta.


Baca juga: Penerapan teknologi 'blockchain' dinilai dapat dukung SDGs negara
Baca juga: Pemerintah daerah miliki peran strategis capai SDGs, sebut Bappenas
Baca juga: Kepala Bappenas sebut revolusi industri 4.0 bisa bantu capai SDGs

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Wapres JK tekankan perencanaan bottom-up untuk pembangunan

Komentar