Jakarta (ANTARA) - Skotlandia membuktikan perbedaan kekuatan saat menang 34-0 atas Samoa, dalam pertandingan Pool A Piala Dunia Rugby 2019 yang dimainkan di Stadion Kobe Misaki, Senin malam WIB.

Berbekal kemenangan ini dan poin bonus yang didapat, Skotlandia kini memiliki koleksi poin yang sama dengan Samoa di klasemen sementara Pool A, demikian dilansir laman resmi turnamen. Kedua tim kini sama-sama mengoleksi lima poin.

Kemenangan ini bahkan sudah dipastikan setelah Skotlandia mengemas 17 poin pada delapan menit akhir babak pertama, yang membuat timnya unggul 20-0 saat turun minum.

Poin pertama didapatkan Skotlandia melalui penalti Greig Laidlaw (8'), kemudian dua pemain wing Skotlandia Sean Maitland (29') dan Greig Laidlaw (33') mengukir try.

Menutup babak pertama fullback Stuart Hogg (37') mencatatkan poin dari drop goal dari dalam garis halfway, untuk mengubah skor menjadi 20-0.

Pada babak kedua, Skotlandia tidak mengendurkan tekanan. Wasit Pascal Gauzere menghadiahkan penalti try kepada mereka sekaligus memberi kartu kuning kepada pemain Samoa Ed Fidow.

Tidak lama berselang, Skotlandia mendapatkan penalti try keduanya ketika Fidow melakukan "illegal challenge" terhadap Maitland. Atas pelanggaran tersebut Fidow menerima kartu kuning kedua dan kemudian kartu merah.

Skotlandia selanjutnya akan berhadapan dengan Rusia di Shizuoka pada 9 Oktober, sedangkan Samoa bermain melawan Irlandia di Fukuoka tiga hari kemudian.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019