Warga Lanny Jaya di Wamena diminta kembali beraktivitas

Warga Lanny Jaya di Wamena diminta kembali beraktivitas

Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom (kiri), Bupati dan Wakil Bupati Jayawijaya dan Sekda Lanny Jaya Christian Sohilait saat penyerahan bantuan Rp5 miliar kepada Jayawijaya. (ANTARA News Papua/Marius Frisson Yewun)

Jayapura (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait meminta warga daerahnya yang berdomisili di Wamena, Kabupaten Jayawijaya,Papua segera kembali dari pengungsian ke rumah masing-masing dan melakukan aktivitas seperti biasa.

Melalui telepon selulernya kepada ANTARA di Jayapura, Papua, Senin, Christian mengatakan, pihaknya sudah mengimbau kepada warga daerahnya yang berdomisili agar tidak lagi tinggal di pengungsian.

"Saya ingin sampaikan kepada kami punya warga yang ada di Wamena, kemarin saya berkesempatan untuk mengunjungi 54 titik tempat pengungsian mereka, banyak yang mengungsi," katanya.

Menurut dia, warga Lanny Jaya, Papua yang berada di Wamena banyak yang mengungsi setelah demonstrasi anarkis yang berujung kerusuhan pada Senin (23/9) di wilayah tersebut.

Dia mengatakan, pihaknya sudah mengimbau kepada warga Lanny Jaya yang di Wamena bahwa yang hendak pulang ke Lanny Jaya, hanya mereka yang mengantongi kartu tanda penduduk (KTP) Lanny Jaya.

"Tetapi mereka yang mempunyai KTP Wamena tetap tinggal di Wamena. Aktivitas tetap dihidupkan kembali, yang berjualan silahkan kembali berjualan jualan, lalu yang masih dipengungsian segera kembali ke rumah lalu beraktivitas seperti biasa," ujarnya.

Menurut dia, keamanan itu harus dimulai dari diri kita sendiri untuk itu harus kuat dan kembali menjalankan aktivitas seperti biasa.

Demonstrasi anarkis yang berujung kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin (23/9) itu menelan nyawa puluhan warga, ratusan bangunan milik pemerintah maupun swasta rusak dan dibakar oleh massa demo.

Kejadian itu mengakibatkan hingga kini, pasar tradisionil dan pertokoan sudah mulai buka walaupun jumlahnya masih sedikit, sekolah masih diliburkan.

Pemerintahan belum normal, jumlah pengungsi sangat fluktuatif karena adanya penambahan dari kabupaten tetangga, masyarakat yang akan keluar dari Wamena juga masih cukup tinggi.
Baca juga: Kabupaten Lanny Jaya, Papua jadi tempat aman bagi pengungsi
Baca juga: Tangani pengungsi, Pemkab Lanny Jaya-Pemkab Nduga berkoordinasi
Baca juga: Kodam Cenderawasih distribusi bantuan Mensos ke Lanny Jaya

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Polisi tembak mati 2 anggota KKB di Lanny Jaya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar