Kendati para tamu diterima di Posko, semoga tidak mengurangi makna dari silaturahmi dan target kerja yang ingin disampaikan,
Banjarbaru (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor berkantor di Posko Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) antara lain di Posko Karhutla Guntung Damar Kota Banjarbaru.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor di Banjarbaru, Senin, mengatakan, terpaksa harus menerima tamu di Posko, karena ingin fokus mengatasi kebakaran lahan dan kabut asap yang terjadi di Kalsel sejak beberapa pekan terakhir.

"Kendati para tamu diterima di Posko, semoga tidak mengurangi makna dari silaturahmi dan target kerja yang ingin disampaikan," ujarnya.

Beberapa tamu yang diterima di Posko Karhutla Guntung Damar, antara lain adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel, pada Senin petang.

Baca juga: Gubernur teken anggaran Pilkada Kalsel di Posko Karhutla

Menurut dia, bekerja dan bersilaturahmi tidak mengenal batas ruang dan waktu, asalkan ada kesempatan untuk bekerja dan silaturahmi, dimanapun tempatnya tidak masalah.

Gubernur yang biasa dipanggil Paman Birin berharap, keberadaanya di Posko akan membuat para petugas Karhutla lebih semangat, terutama untuk mengantisipasi dan mengatasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut.

Sebagaimana diketahui, wilayah Posko Gunung Damar merupakan salah satu wilayah yang cukup vital, karena berdekatan dengan Bandara Syamsuddin Noor.

Di wilayah tersebut, merupakan wilayah gambut yang sangat mudah terbakar, sehingga penjagaan harus dilakukan lebih ekstra, karena kebakaran lahan di lokasi tersebut, akan mengganggu penerbangan.

Baca juga: BMKG: hujan lokal kurangi hotspot di Kalsel

Beberapa daerah gambut di sekitar bandara, juga diketahui sangat rawan terjadi Karhutla, terbukti beberapa peristiwa kebakaran lahan terjadi di daerah tersebut.

"Hampir separo waktu gubernur dimanfaatkan untuk berada di lapangan memantau dan turut memadamkan api di lahan karhutla," kata salah seorang penjaga Posko.

Aktivitas seperti itu, tambah dia ia kerjakan hingga dini hari bahkan sampai pagi hari.

Bahkan mereka yang berjaga di posko Karhutla tahu betul lokasi, yang didatangi oleh gubernur.

Tak heran beberapa kepala instansi vertikal maupun instansi Pemprov Kalsel, jika ingin kosultasi atau bersilaturahmi dengan gubernur tempat pertemuannya di posko karhutla.

Diketahui Guntung Damar adalah lahan gambut penyumbang asap terbesar di kawasan dekat Bandara Syamsudin Noor.

Baca juga: Kalsel naik status tanggap darurat karhutla

 

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019