CHARLOTTE, N.C., 2 Januari (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) -- Bank of America Corporation hari ini merampungkan pembelian Merrill Lynch & Co., Inc. yang menciptakan waralaba jasa keuangan terkemuka dengan kemampuan manajemen kekayaan, perbankan investasi dan internasional yang jauh lebih baik.

     (Logo: http://www.newscom.com/cgi-bin/prnh/20050720/CLW086LOGO-b )
   
     "Kami menciptakan organisasi baru ini karena kami yakin manajemen kekayaan serta perbankan korporat dan investasi merupakan peluang pertumbuhan yang signifikan, khususnya apabila digabungkan dengan kemampuan terkemuka kami dalam perbankan konsumen dan komersil," kata Presiden Komisaris sekaligus Kepala Eksekutif Bank of America, Ken Lewis. ""Kami sekarang di posisi yang unik untuk merebut pangsa pasar dan memperluas posisi puncak kami di banyak pasar di seluruh dunia."
   
     Bank of America akan memiliki bisnis manajemen kekayaan terbesar di dunia dengan kira-kira 20.000 penasihat bidang keuangan dan aset klien senilai lebih dari $2 triliun. Kemampuan manajemen investasi global akan mencakup kepemilikan saham kira-kira 50 persen di BlackRock Inc., yang pada 30 September memiliki aset yang tengah dikelola senilai $1,26 triliun. Bank of America punya aset yang tengah dikelola senilai $564 miliar pada periode yang sama.

     Gabungan ini juga memperkuat  penjaminan utang dan ekuitas, penjualan dan perdagangan, serta saran merger dan akuisisi, dengan menciptakan peluang signifikan yang mempererat hubungan dengan klien korporat dan lembaga di seluruh dunia.

     Menurut syarat-syarat perjanjian ini, para pemegang saham Merrill Lynch memperoleh .8595 lembar saham biasa Bank of America untuk setiap lembar saham biasa Merrill Lynch.

     Sebagaimana yang diumumkan sebelumnya, Bank of America ingin menghemat pengeluaran sebelum pajak sebesar $7 miliar, yang terwujud sepenuhnya pada 2012. Pengurangan biaya akan dilakukan dari beragam sumber, termasuk penghapusan posisi yang diumumkan pada 11 Desember, serta pengurangan teknologi yang tumpang-tindih, vendor/pemasok dan belanja pemasaran. Di samping itu, perusahaan ini ingin diuntungkan dengan meningkatkan beragam produknya yang mempererat hubungan dengan pelanggan Merrill Lynch yang sudah ada.

     Pernyataan Berwawasan ke Depan
     Bank of America dapat membuat pernyataan berwawasan ke depan, termasuk pernyataan tentang kondisi keuangan, hasil usaha dan pandangan mengenai laba Bank of America Corporation. Pernyataan berwawasan ke depan meliputi resiko dan ketidakpastian tertentu. Berbagai faktor yang dapat menyebabkan hasil sesungguhnya atau laba berbeda materinya dari pernyataan berwawasan ke depan itu termasuk, antara lain: 1) bisnis yang terproyeksikan meningkat setelah perubahan proses dan investasi lain lebih rendah dari yang diharapkan; 2) tekanan persaingan di antara perusahaan jasa keuangan meningkat tajam; 3) kondisi ekonomi umum kurang menguntungkan dari yang diharapkan; 4) kondisi politik termasuk ancaman aktivitas teroris di masa depan dan aksi terkait oleh Amerika Serikat di luar negeri dapat merugikan bisnis perusahaan dan kondisi ekonomi secara keseluruhan; 5) perubahan lingkungan suku bunga dan likuiditas pasar mengurangi margin bunga, mempengaruhi sumber pendanaan dan kemampuan untuk memulai serta menyebarluaskan produk keuangan di pasar primer dan sekunder; 6) perubahan tingkat valuta asing memperbesar paparan; 7) perubahan tingkat di pasar dan harga dapat merugikan nilai produk keuangan; 8) lingkungan perundang-undangan atau pengaturan, persyaratan atau perubahan merugikan bisnis yang ditekuni perusahaan; 9) perubahan standar akunting, putusan atau penafsiran, 10) pertanggungjawaban proses hukum, termasuk biaya, belanja, penyelesaian dan putusan pengadilan, dapat merugikan perusahaan atau bisnisnya; 11) merger dan akuisisi serta penggabungannya ke dalam perusahaan; dan 12) keputusan untuk mengurangi, menjual atau menutup saham atau sebaliknya mengubah bauran usaha semua perusahaan ini. Oleh sebab itu, para pembaca diingatkan untuk tidak semata-mata mengandalkan pernyataan berwawasan ke depan, yang hanya berlaku pada tanggal pembuatannya. Bank of America tidak memperbarui pernyataan berwawasan ke depan yang mencerminkan dampak keadaan atau kejadian yang timbul setelah tanggal pembuatan pernyataan berwawasan ke depan. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai Bank of America Corporation, silakan baca laporan Bank of America yang diajukan kepada Badan Pengawas Pasar Modal dan tersedia di http://www.sec.gov.

     Bank of America
     Bank of America adalah salah satu lembaga keuangan terbesar dunia, yang melayani nasabah perorangan, usaha di pasar kecil dan menengah serta perusahaan besar dengan beragam produk dan jasa perbankan, investasi, manajemen aset serta produk dan jasa keuangan dan manajemen resiko lain. Perusahaan ini menyediakan kemudahan tak tertandingi di Amerika Serikat, melayani lebih dari 59 juta nasabah dan menjalin hubungan dengan usaha kecil dengan lebih dari 6.100 kantor perbankan eceran, lebih dari 18.000 ATM dan perbankan online peraih penghargaan dengan lebih dari 25 juta pengguna aktif. Bank of America menawarkan dukungan terkemuka dalam industri kepada lebih dari 4 juta pemilik usaha kecil melalui serangkaian produk dan jasa online inovatif dan mudah digunakan. Perusahaan ini melayani nasabah di lebih dari 150 negara dan menjalin hubungan dengan 99 persen perusahaan Fortune 500 di AS serta 83 persen perusahaan Fortune Global 500. Saham Bank of America Corporation (NYSE: BAC) adalah komponen Dow Jones Industrial Average dan terdaftar di Bursa Efek New York.

     www.bankofamerica.com
   
     SUMBER   Bank of America Corporation
   
     KONTAK:  Investor:  Kevin Stitt, +1-704-386-5667, atau Lee McEntire, +1-704-388-6780; atau Reporter:  Scott Silvestri, +1-980-388-9921, scott.silvestri@bankofamerica.com, kesemuanya dari Bank of America/
   
     /Foto:  http://www.newscom.com/cgi-bin/prnh/20050720/CLW086LOGO-b
Arsip AP:  http://photoarchive.ap.org
           Meja Sunting Foto PRN, photodesk@prnewswire.com /
    /Laman Web:  http://www.bankofamerica.com /
   (BAC)

 


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009