Pelantikan DPR, sisa kericuhan ada di jalan ke gedung wakil rakyat

Pelantikan DPR, sisa kericuhan ada di jalan ke gedung wakil rakyat

Kondisi Jalan Penjernihan menuju arah Senayan masih tampak sisa kericuhan, barrier beton atau MCB bertumbangan di sepanjang jalan, Selasa (1/10/2019) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Jelang pelantikan DPR RI, barang-barang sisa kericuhan masih terlihat berserakan di jalan menuju gedung wakil rakyat, Senayan, Selasa pagi.

Pantauan Antara, sisa-sisa kericuhan seperti pecahan batu, sisa pembakaran dan pembatasan jalan yang ditumbangkan hingga pagar yang dicopot terlihat di Jalan Penjernihan menuju arah Senayan.

Sepanjang Jalan Penjernihan dari arah perempatan rel kereta api Karet terpantau MCB beton bertumbangan tidak beraturan, ada yang ke arah kiri dan kanan jalan.

Baca juga: Pelantikan DPR, lalu lintas menuju gedung wakil rakyat ramai lancar

Kondisi ini membuat jalanan tampak berantakan di saat pengendara melintas, menampilkan wajah sisa kericuhan semalam.

Selanjutnya masih di Jalan Penjernihan ke arah Stasiun Palmerah, pagar pembatas jalan berwarna hijau juga dirobohkan.

Ada yang dibiarkan tergeletak di jalan dan ada yang dibuang ke pinggir jalan di atas trotoar.

Baca juga: Pesan Indro Warkop untuk artis terpilih anggota DPR

Selain itu sisa pecahan batu dan sampah masih bertebaran, begitu juga tumpukan sisa pembakaran, sebuah pot tanaman juga hancur dan beberapa rambu juga dirobohkan.

Meski demikian, situasi arus lalu lintas dari Pasar Baru menuju gedung DPR RI sebelum pelantikan mulai pukul 06.30 WIB terpantau lancar.

Mulai dari Jalan Veteran, menuju samping Istana Kepresidenan, lalu Jalan Merdeka Barat menuju Jalan Abdul Muis,

Selanjutnya Jalan KH Mas Mansyur depan Tanah Abang juga terpantau lancar, kendaraan dapat melintas lancar di kedua arah jalan.

Baca juga: Pelantikan DPR, lima lokasi layanan SIM Keliling di Jakarta, Selasa

Dari Jalan KH Mas Mansyur menuju perlintasan rel kereta Karet juga ramai lancar, hingga berbelok ke arah Jalan Penjernihan menuju Senayan.

Kondisi arus lalu lintas di jalan samping Stasiun Palmerah juga ramai lancar, hanya saja di Jalan Gelora dekat pintu masuk belakang gedung DPR RI terjadi kepadatan dengan ramainya kendaraan yang melintas bercampur dengan kendaraan tamu yang hendak masuk ke gedung parlemen untuk menyaksikan pelantikan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Anggota DPR RI, DPD RI, dan MPR RI, periode 2019-2024 dijadwalkan akan menjalani proses pelantikan di Gedung Nusantara Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI pada Selasa (1/10), mulai pukul 10.00 WIB dan diperkirakan akan selesai pada pukul 11.40 WIB.

Pengucapan janji dan sumpah jabatan akan dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung serta dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden RI serta tamu undangan lainnya.

Baca juga: Menjelang pelantikan senator, orientasi dan masalah yang dihadapi

Jelang pelantikan DPR, MPR dan DPD RI ini, dalam satu minggu terakhir telah terjadi demo yang diinisiasi oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.

Mereka menuntut tujuh hal dengan tuntutan utama menolak RKUHP, RUU Minerba, RUU Pertanahan, RUU Permasyarakatan dan RUU Ketenagakerjaan.

Selain itu, mereka mendesak Revisi UU KPK dan UU SDA dibatalkan serta disahkannya RUU PKS dan Perlindungan Pekerja Rumah Tangga.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pengamanan jelang pelantikan Presiden, Puan ingin bangun citra positif

Komentar