Jakarta (ANTARA) - Penyanyi opera Amerika Serikat Jessye Norman meninggal pada Selasa dalam usia 74 tahun, setelah menderita komplikasi dari cedera yang terjadi pada 2015.

Norman meninggal di rumah sakit New York karena syok septik (peradangan karena infeksi) dan kegagalan banyak organ terkait dengan komplikasi dari cedera tulang belakang empat tahun lalu, kata keluarga itu dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Reuters.

Norman, seorang penyanyi sopran, lahir di negara bagian AS, Georgia dan menghabiskan sebagian besar karir awalnya di Eropa sebelum memulai debutnya di Metropolitan Opera di New York pada 1983.

Sebagai salah satu penyanyi opera paling populer pada 1980-an dan 1990-an, ia bernyanyi di pelantikan presiden Ronald Reagan dan Bill Clinton, serta perayaan ulang tahun ke-60 Ratu Elizabeth Inggris.

"Kami sangat bangga dengan prestasi musik dan inspirasi yang diberikan Jessye kepada audiens di seluruh dunia yang akan terus menjadi sumber kegembiraan," kata pernyataan keluarganya.

"Kami sama-sama bangga dengan upaya kemanusiaannya dalam menangani hal-hal seperti kelaparan, tunawisma, pengembangan pemuda, dan pendidikan seni dan budaya."

Baca juga: Penyanyi tenor Indonesia awali debut di London

Baca juga: Placido Dominggo tinggalkan rumah sakit

Baca juga: Melestarikan Opera Canton lewat museum

Penerjemah: Heppy Ratna Sari
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019