Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic membuat debut tunggal putra Rakuten Japan Open Tennis Championships secara baik dengan menang di babak pertama atas Alexei Popyrin (Australia) 6-4, 6-2.

Kemenangan itu menjadi pertanda positif dari unggulan teratas turnamen ATP 500 tersebut, yang bertanding di lapangan untuk pertama kalinya sejak mundur pada pertandingan putaran keempatnya melawan Stan Wawrinka di US Open karena cedera bahu.

Petenis Serbia itu menjaga servisnya dengan baik, yang berlangsung sepanjang satu jam 29 menit tanpa melakukan istirahat, mengutip atptour.com, Selasa.

Meskipun Popyrin ditundukkan di babak pertama, namun petenis berusia 20 tahun itu menjadi lawan yang berbahaya karena permainannya yang kuat dan agresif.

Di US Open, Popyrin sempat mendorong semifinalis Matteo Berrettini hingga harus melakoni pertandingan sepanjang lima set, selain itu ia juga mengalahkan Dominic Thiem di Australia Open pada awal tahun ini.

Tapi Djokovic bermain solid di seluruh set, menyerang dengan tujuh ace dan memenangkan 44 persen dari poin pengembaliannya.

Joker pun maju ke babak kedua setidaknya dalam 12 turnamen yang telah ia mainkan tahun ini.

Pada Senin, menjadi hari bersejarah bagi Djokovic yang menandai minggu ke-271 dalam keikutsertaannya di turnamen ATP Rankings, melewati Ivan Lendl (270) yang selama ini berada di peringkat ketiga.

Djokovic hanya tertinggal dari Roger Federer dengan 310 pekan dan Pete Sampras 286 pekan.

Djokovic selanjutnya akan menghadapi petenis tuan rumah Go Soeda, yang memiliki rekor 0-12 di undian utama Tokyo sebelum mengalahkan Jan-Lennard Struff (Jerman) di babak pertama.

Baca juga: Djokovic siap tempur di Japan Open usai didera cedera bahu
Baca juga: Djokovic jajal Sumo sebelum bertanding di Japan Open

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019