Tiga saingan Nono Sampono untuk duduki Kursi Ketua DPD 2019-2024

Tiga saingan Nono Sampono untuk duduki Kursi Ketua DPD 2019-2024

Ilustrasi beberapa anggota DPD menghadiri Sidang Paripurna. (ANTARA/Andika Wahy)

Sudah memenuhi kuorum 264 ayat 2 peraturan DPD tentang tata tertib DPD nomor 2 tahun 2019, maka sidang DPD dibuka dan terbuka untuk umum
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPD periode 2014-2019, Nono Sampono akan kembali bertarung merebut kursi ketua DPD Periode 2019-2024 bersaing dengan tiga kandidat lainnya.

Nono yang dipilih anggota DPD subwilayah timur II akan bersaing dengan wakil subwilayah Timur I, Mahyudin, wakil subwilayah Barat I, Sultan Bachtiar, dan wakil subwilayah Barat II, La Nyalla Mattalitti. Sejumlah 113 anggota Dewan Perwakilan Daerah hadir dan menyetujui tata tertib dan jadwal yang ditetapkan untuk pemilihan ketua DPD dalam masa sidang paripurna ke-2 DPD Republik Indonesia.

"Sudah memenuhi kuorum 264 ayat 2 peraturan DPD tentang tata tertib DPD nomor 2 tahun 2019, maka sidang DPD dibuka dan terbuka untuk umum," ujar salah seorang Pimpinan sementara DPD, Jialyka Maharani di Jakarta, Selasa.

Baca juga: GKR Hemas Dukung La Nyalla Pimpin DPD RI

Suasana sidang sempat diwarnai silang pendapat dan pemaksaan interupsi yang dilakukan sejumlah anggota DPD kepada pimpinan sementara DPD, Jialyka dan Sabam Sirait.

Kondisi diperparah saat pimpinan DPD sementara, Sabam Sirait undur diri dari ruang sidang Nusantara V tanpa pemberitahuan. Pimpinan DPD sementara lainnya, Jialyka mengambil alih prosesi sidang paripurna untuk mengesahkan tata tertib dan jadwal acara pemilihan ketua DPD tersebut.

Jilayka lalu sampai pada keputusan akan membagi prosesi pemilihan ketua DPD ke dalam empat subwilayah.

Subwilayah pertama adalah subwilayah Barat I yang diikuti perwakilan DPD dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau.

Baca juga: Jialyka Maharani pimpin pelantikan anggota DPD RI

Pimpinan rapat di subwilayah Barat I adalah Abdullah Puteh dari Aceh dan Jilayka Maharani dari Sumatera Selatan.

Subwilayah kedua adalah Subwilayah Barat II diikuti perwakilan DPD dari Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali.

Pimpinan rapat di subwilayah Barat II adalah Sabam Sirait dari DKI Jakarta dan Ali Ridho.

Subwilayah ketiga adalah subwilayah Timur I diikuti perwakilan DPD dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat.

Pimpinan rapat itu adalah Andri Prayoga Putra Singkarru dari Sulawesi Barat dan Habib Hamid Abdullah.

Subwilayah keempat adalah subwilayah Timur II yang diikuti perwakilan DPD dari Sulawesi Utara, Maluku, Malut Provinsi, Papua, dan Papua Barat.

Pimpinan rapat itu adalah Yorrys Raweyai dari Papua dan Cherish Hariette dari Sulawesi Utara.

Baca juga: Pelantikan DPR, DPD, MPR 2014-2019 - Inilah kilas baliknya

Rapat masing-masing subwilayah dipimpin anggota DPD tertua dan termuda dari subwilayah tersebut. Hasil rapat tersebut akan disampaikan masing-masing pimpinan rapat subwilayah pada rapat paripurna yang akan kembali digelar jam 19.00 WIB.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019

DPD gelar rapat tentukan pimpinan MPR RI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar