Jakarta (ANTARA) - Sejumlah warga meminta kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang baru dilantik pada hari ini untuk menjaga amanat dan menyuarakan aspirasi rakyat, bukan sebaliknya memprioritaskan kepentingan golongan.

"Fokus saja sama janji dan aspirasi di dapil. Jangan mau diatur sama partai," kata Nuansa, salah seorang mahasiswa tingkat lima yang turut dalam unjuk rasa di Gedung DPR/MPR Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan bahwa sebagai wakil rakyat, DPR seharusnya bisa membuat langkah progresif dalam memenuhi aspirasi rakyat, bukan sebaliknya membuat aturan yang ia anggap mengerdilkan harapan rakyat.

Baca juga: Wapres berharap anggota baru DPR benar-benar berfungsi

Ia berharap pelantikan anggota DPR untuk periode 2019-2024 bisa menjadi momentum awal bagi para anggota baru untuk memetakan arah kinerja yang diharapkan sesuai keinginan rakyat.

"Semoga yang baru jangan lagi mengecewakan rakyat. Saya berharap DPR yang baru punya banyak terobosan dan solusi bagi dapil yang mereka wakili," katanya.

Tidak hanya Nuansa, Sofwan, salah seorang warga lainnya, juga menitipkan pesan harapannya bagi para anggota DPR yang baru dilantik. Ia berpesan agar anggota perwakilan rakyat yang baru bisa mensejahterakan dan mewakili aspirasi rakyat sesuai dengan janji saat mereka menerima sumpah jabatan.

"Anda disumpah dengan nama Allah. Segala perbuatan Anda yang bertolak belakang dari mensejahterakan rakyat akan dipertanggungjawabkan di akhirat," katanya lantang.

Baca juga: Kadin harap anggota DPR terpilih terbitkan UU jamin investasi

Ia meminta kepada para anggota DPR untuk menjaga dengan baik kepercayaan rakyat dan takut dengan amanah rakyat sehingga bisa fokus bekerja untuk rakyat.

"Semoga anggota DPR yang baru diberi kemudahan untuk menjalankan amanah yang kelak untuk mensejahterakan rakyat," ujarnya.

Baca juga: Jadi wakil rakyat, ini janji Mulan Jameela
Baca juga: Mahasiswa sebut aksi mengawal DPR untuk tuntaskan agenda reformasi
Baca juga: Pengamat: anggota baru DPR agar perjuangkan masyarakat perdesaan

Pewarta: Katriana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019