Jakarta (ANTARA) - Situasi di Jalan Gatot Subroto depan gedung DPR/MPR RI Selasa malam mulai pukul 19.00 WIB kondusif setelah massa dan aparat keamanan membubarkan diri dari lokasi penyekatan pertama di bawah jalan layang Senayan.

Petugas Sabhara Polri membubarkan diri sekitar pukul 18.00 WIB, bergerak menuju titik penyekatan kedua di depan Restoran Pulau Dua dekat pintu masuk utama Gedung DPR/DPD/MPR RI.

Namun masih ada kerumunan warga di sekitar jalan layang Senayan dan menyebar ke sejumlah titik.

Selain warga dan juga sisa massa aksi yang masih bertahan juga terdapat pedagang kaki lima yang menjajakan jualan dekat barikade pertama di bawah jalan layang Senayan.

Baca juga: Mahasiswa membubarkan diri dengan teriakan menolak kericuhan
Baca juga: Jalan Gelora sudah normal usai pelantikan DPR dan aksi mahasiswa
Baca juga: Mahasiswa sebut aksi mengawal DPR untuk tuntaskan agenda reformasi


Pelantikan anggota DPR, MPR, DPD RI periode 2019-2024 diwarnai demonstrasi mahasiswa dari berbagai aliansi seperti BEM Seluruh Indonesia, BEM Nusantara dan aliansi mahasiswa tanpa nama kampus dan juga HMI.

Sekitar 200 mahasiswa ini bergerak dari arah Palmerah hendak menuju gedung DPR/MPR tetapi ditahan petugas di depan TVRI.

Setelah berorasi di depan TVRI, massa aksi bergerak menuju Jalan Gatot Subroto dan kembali ditahan barikade petugas yang sudah menyekat jalan di bawah jalan layang Senayan.

Massa berorasi dari siang pukul 14.00 WIB hingga 18.45 WIB membubarkan diri dari lokasi penyekatan.

Massa menyampaikan aspirasi beragam mulai dari tuntaskan reformasi, mengawal anggota DPR yang baru dilantik, tolak RKUHP dan revisi Undang-Undang KPK dan beberapa rancangan undang-undang lainnya,.

Massa juga mengecam tindakan represif aparat dalam mengawal demonstrasi mahasiswa.

Total 575 anggota DPR dilantik di Ruang Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada hari ini dengan anggota termuda adalah Hillary Brigitta Lasut dengan usia 23 tahun. Sedangkan Sabam Sirait resmi menjadi anggota DPD tertua dengan usia 80 tahun.

Pelantikan itu juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri, Wapres keenam Try Sutrisno serta Wapres kesembilan Hamzah Haz.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019