Tour de Singkarak 2019 lewati rute sepanjang 1.363 Kilometer

Tour de Singkarak 2019 lewati rute sepanjang 1.363 Kilometer

Rapat finalisasi TdS 2019. (ANTARA SUMBAR/ist)

Kabupaten dan kota Sumbar yang tidak ikut pada TdS kali ini, Sijunjung, Kota Solok, Pasaman Barat, Padang Pariaman dan Mentawai,
Padang (ANTARA) - Pebalap Tour de Singkarak (TdS) 2019 akan adu cepat melewati rute sepanjang 1.363 kilometer yang terbagi atas 9 etape.

"Etape nya sudah final. Grand opening di Pantai Gondoriah Pariaman dan Grand Clossing di Danau Cimpago, Padang," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar), Oni Yulfian di Padang, Selasa.

Menurutnya TdS kali ini istimewa karena tidak hanya melibatkan kota dan kabupaten di Sumbar tetapi juga dua daerah di Provinsi Jambi. Hal itu baru pertama dilakukan sejak pelaksanaan ajang itu sebelas tahun lalu.

Baca juga: Tour de Singkarak 2019 ganti logo

Di Sumbar ada 14 kabupaten dan kota yang akan dilalui sementara di Jambi melewati Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

“Kabupaten dan kota Sumbar yang tidak ikut pada TdS kali ini, Sijunjung, Kota Solok, Pasaman Barat, Padang Pariaman dan Mentawai. Terkendala anggaran," katanya.

Baca juga: TdS 2019 Etape IX lewati Kawasan Mandeh

Berikut sembilan etape TdS 2019 yang dilaksanakan 2 hingga 10 November 2019 :

Etape I (107,3 km) : Start di Pantai Gandoriah (Kota Pariaman) dan finish di Istano Basa Pagaruyuang (Kabupaten Tanah Datar)

Etape II (112, 2 km) : Start di Kantor Bupati Pasaman (Kabupaten Pasaman) dan finish di jam Gadang (Kota Bukittinggi)

Etape III (125,6 km) : Start di air terjun aka barayun (Kabupaten Lima puluh kota) dan finish di Jln. Sudirman (Kota Padang Panjang)

Etape IV (205,3 km) : Start di Kantor Bupati Dharmasraya (Dharmasraya) dan finish di lapangan Segita (Kota Sawahlunto)

Etape V (206,5 km) : Start di Kantor Dinas Pariwisata Payakumbuh (Kota Payakumbuh) dan finish di Ambun Pagi (Kabupaten Agam)

Etape VI (214,2 km) : Start di Dermaga Singkarak (Kabupaten Solok) dan finish di taman kota Padang Aro (Kabupaten Solok Selatan)

Etape VII (82,9 km) : Start di Air Terjun Telun Berasap (Kabupaten Kerinci, Jambi) dan finish di Dermaga Danau Kerinci (kabupaten Kerinci, Jambi)

Etape VIII (200,4 km) : Start di depan Lapangan Merdeka (Kota Sungai Penuh) dan finish di alun Painan (Kabupaten Pesisir Selatan)

Etape IX (107,7 km) : Start di Pantai Carocok, Painan (Kabupaten Pesisir Selatan) dan finish di Pantai Cimpago (Kota Padang).

Baca juga: TdS 2019 akan promosikan pariwisata Sumbar dan Jambi

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar