ACT Sumbar fasilitasi pemulangan 97 perantau Minang di Wamena

ACT Sumbar fasilitasi pemulangan 97 perantau Minang di Wamena

Kepala Aksi Cepat Tanggap Sumbar Zeng Wellf

Insyaallah akan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Batik Air pada 08.45 WIT,
Padang (ANTARA) -
Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat (Sumbar) akan membantu memfasilitasi pemulangan perantau Minang dari Wamena ke Sumatera Barat.
 
Kepala ACT Sumbar, Zeng Wellf di Padang, Selasa, menyatakan ACT akan membantu memfasilitasi pemulangan perantau Minang dari Wamena menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sebanyak 97 orang.
 
Para perantau Minang tersebut akan dipulangkan dengan menggunakan pesawat Batik Air pada Kamis, 3 Oktober 2019.
 
"Insyaallah akan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Batik Air pada 08.45 WIT," sambung dia.

Baca juga: ACT buka pusat krisis penanganan dampak kerusuhan Wamena di Sumbar
 
Untuk pemulangan yang pertama ini ACT lebih mengutamakan balita, anak-anak, perempuan, orang tua, penyandang difabel, dan orang yang terluka.
 
"Semoga keberangkatan yang pertama bisa berjalan lancar," ujarnya.
 
Ia juga mengatakan ACT akan memfasilitasi untuk mengantarkan langsung 97 orang perantau Minang tersebut ke kampung halaman masing-masing.
 
"Kami belum mendapatkan data yang lengkap, namun secara umum perantau Minang kebanyakan berasal dari Pesisir Selatan, jika dilihat dari silsilah korban beberapa waktu lalu meraka saling berkaitan satu sama lain," jelasnya.
 
Ia juga menyebutkan sumber dana untuk pemulangan tersebut berasal dari infak para dermawan, donatur dan seluruh masyarakat yang memberikan bantuan atas pemberangkatan warga Minang yang ada di Wamena.

Baca juga: ACT Sumbar bantu pemulangan perantau Minang dari Wamena
 
"Untuk pemulangan ini kami juga selalu berkoordinasi dengan pemerintah," ujar dia.
 
Ia berharap semoga akan ada pemulangan tahap dua dari ACT, karena masih banyaknya jumlah pengungsi di Wamena yakni sekitar 10 ribu pengungsi dan 7 ribu lainnya sudah mulai diungsikan ke Makassar.
 
Selain itu ia juga mengatakan ACT akan memberikan santunan pada keluarga korban yang ditinggalkan karena meninggal dunia sebanyak Rp5 juta dan untuk korban yang luka-luka Rp2,5 juta.
 
Ia juga mengimbau masyarakat agar sama-sama peduli dengan peristiwa yang terjadi di Wamena dan ikut berkontribusi membantu korban yang terzalimi dengan menyisihkan sedikit rezeki untuk saudara di Wamena.
 
"Bagi masyarakat yang ingin berdonasi untuk para korban di Wamena tersebut bisa dikirimkan ke nomor rekening ACT, yakni Bank BNI Syariah 8660 2910 1909 0173, Bank Mandiri 127 000 77 21242, dan Bank Nagari Syariah 71000 2202 9999 8," sambung dia.

Baca juga: ACT Sumbar kirim relawan bantu penanganan dampak asap Riau
​​​​

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kemenristek siap fasilitasi hasil riset kesehatan Unair

Komentar