Koster ajak DPRD bersinergi selesaikan permasalahan Bali

Koster ajak DPRD bersinergi selesaikan permasalahan Bali

Acara pelantikan pimpinan DPRD Bali yang disaksikan Gubernur Bali Wayan Koster dan para undangan (Antaranews Bali/Ni Luh Rhisma/2019)

Denpasar (ANTARA) - Gubernur Bali Wayan Koster mengajak segenap anggota DPRD Provinsi Bali periode 2019-2024 untuk bersama-sama menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di Pulau Dewata guna mewujudkan visi "Nangun Sat Kerthi Loka Bali".

"Dengan dilantiknya pimpinan DPRD Bali yang bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, kami berharap DPRD Bali sudah bisa melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik," kata Koster saat menghadiri pelantikan Pimpinan DPRD Bali, di Denpasar, Selasa.

Baca juga: Penandatanganan NPHD Pilkada 2020 di Bali dilaksanakan serentak

Selain mengucapkan selamat atas dilantiknya pimpinan DPRD Bali, Gubernur Koster berharap tidak ada monopoli dalam mengisi alat kelengkapan dewan.

Ketua DPD PDI Perjuangan Bali ini mengatakan meskipun PDIP mendominasi anggota DPRD Bali saat ini, ia berharap fraksi lain mendapat porsi sehingga proses politik berjalan dengan baik.

Baca juga: Gubernur Bali minta DPRD baru percepat empat ranperda

"Yang kita perlukan kerja bersama dengan gotong-royong melaksanakan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan dengan baik. Oleh karena itu, alat kelengkapan dewan harus merepresentasikan fraksi lain," ujarnya.

Ia mengajak anggota DPRD Bali untuk melihat masalah-masalah yang ada di Bali dengan cermat, baik yang bersifat internal maupun eksternal, di antaranya menyangkut penyediaan air bersih, listrik, infrastruktur dan pembangunan pariwisata ke depan.

Baca juga: Koster: Pimpinan DPRD Bali pertimbangkan pengalaman di legislatif

Untuk memudahkan sinergitas dan sinkronisasi, Gubernur Koster mengatakan sudah menetapkan lima bidang prioritas pembangunan dalam Pola Pembangunan Semesta Berencana.

Kelima bidang itu yakni pertama, bidang pangan, sandang, dan papan. Kedua, bidang pendidikan dan kesehatan, dan ketiga menyangkut bidang jaminan sosial dan ketenagakerjaan. Kemudian keempat, bidang adat, agama, tradisi, seni dan budaya. Terakhir kelima ialah bidang pariwisata.

Baca juga: Bawaslu Bali harapkan wakil rakyat komit penuhi janji kampanye

Pimpinan DPRD Bali periode 2019-2024 adalah Ketua Nyoman Adi Wiryatama, Wakil Ketua Nyoman Sugawa Korry, Wakil Ketua Nyoman Suyasa, dan Wakil Ketua Tjokorda Gede Asmara Putra Sukawati.

Hadir pula dalam pelantikan ini Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Ketua TP PKK Bali Putri Suastini Koster dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah se-Provinsi Bali.

Gubernur Bali Wayan Koster saat menyampaikan sambupatan pada pelantikan pimpinan DPRD Bali (Antaranews Bali/Ni Luh Rhisma/2019)

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ada kolaborasi olahraga dan budaya dalam Porprov Bali XIV 2019

Komentar