Saya mendapatkan amanah dari beberapa anggota PSSI. Itu kehormatan bagi saya
Jakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan Olahraga Nasional (PPITKON) Kemenpora Edi Nurinda Susila berjanji fokus mengembangkan pemain muda jika menjabat sebagai anggota komite eksekutif (Exco) PSSI 2019-2023.

“Saya ingin masuk ke komite eksekutif urusan pengembangan usia muda. Saya mau menyiapkan bakat-bakat potensial untuk diasah lebih jauh sesuai sistem pembinaan yang diintegrasikan dengan program pemerintah,” ujar Edi kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Sebagai aparatus sipil negara, Edi menilai penting adanya untuk menjalankan mandat pemerintah yang dituangkan dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional.

Di dalam Inpres tersebut, Presiden di antaranya memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga untuk mengembangkan kurikulum, bakat para pesepak bola muda dan menyelenggarakan konpetisi sepak bola kelompok usia di tingkat pendidikan.

“Para pemangku kepentingan sepak bola di luar PSSI, termasuk pemerintah, memiliki banyak program yang potensial. Itu yang harus digandengkan dengan PSSI,” tutur Edi.

Dengan memberikan fokus kepaa pesepak bola belia, pria yang pernah pula menjabat sebagai manajer timnas U-16 itu berharap dirinya dapat memberikan sumbangsih untuk perbaikan prestasi sepak bola di masa depan.

Edi Nurinda Susila sendiri mengaku tidak pernah mencalonkan diri untuk menjadi komite eksekutif PSSI 2019-2023. Kemunculan namanya sebagai bakal calon anggota Exco adalah atas permintaan beberapa pemilik suara (voter) PSSI.

“Saya mendapatkan amanah dari beberapa anggota PSSI. Itu kehormatan bagi saya. Insya Allah saya optimistis menjadi anggota Exco,” kata Edi.

Sampai Senin (30/9), Edi Nurinda Susila menjadi salah satu bakal calon anggota komite eksekutif PSSI periode 2019-2023 bersama 39 nama lain. Pendaftaran sendiri masih dibuka sampai 3 Oktober 2019.

Untuk menjadi calon tetap yang diumumkan pada 23 Oktober 2019, mereka harus melengkapi syarat yang telah ditetapkan.

Periode kampanye semua calon anggota Komite Eksekutif PSSI, termasuk ketua umum, digelar pada 24-31 Oktober 2019.

Ada pun kongres pemilihan 15 anggota komite eksekutif (Exco) PSSI termasuk ketua umum akan berlangsung pada 2 November 2019.

Baca juga: Susunan Komite Eksekutif PSSI 2016-2020

Baca juga: Persebaya ikuti dinamika komite eksekutif PSSI terkait KLB


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019