Pemungutan suara dilakukan dengan cara melingkari nomor calon ketua DPD, yang terpilih dari empat subwilayah dengan kandidatnya yaitu Senator Maluku, Nono Sampono, Senator Jawa Timur La Nyalla Mattalitti, Senator Mahyudin, dan Senator Bengkulu, Sulta
Jakarta (ANTARA) - Pemilihan Ketua Dewan Perwakilan Daerah periode 2019-2024 berlangsung menggunakan mekanisme pemungutan suara.

"Satu orang senator memiliki satu hak suara," ujar Wakil Ketua DPD sementara, Jialyka Maharani di ruang sidang nusantara V Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa.

Pemungutan suara dilakukan dengan cara melingkari nomor calon ketua DPD, yang terpilih dari empat subwilayah dengan kandidatnya yaitu Senator Maluku, Nono Sampono, Senator Jawa Timur La Nyalla Mattalitti, Senator Mahyudin, dan Senator Bengkulu, Sultan Bachtiar.

Pemungutan suara dimulai pukul 21.47 WIB. Satu-persatu nama-nama anggota DPD dipanggil dimulai dari Provinsi Aceh hingga Papua Barat.

Sebelumnya sidang paripurna DPD ketiga sudah berlangsung pukul 19.00 WIB. Sidang dapat dibuka ketika dihadiri setengah jumlah anggota (kuorum) yang jumlah peserta hadir mencapai 132 anggota.

Sebelum pemungutan suara dilakukan, calon ketua DPD terpilih terlebih dahulu menyampaikan visi dan misinya.

Baca juga: Profil - La Nyalla, dari pengusaha, Ketua PSSI hingga anggota DPD

Baca juga: Politisi PKS: Sistem pendukung DPR perlu diperkuat

Baca juga: Empat pimpinan terpilih siap berkompetisi jadi ketua DPD RI


Senator La Nyalla Mattalitti, Senator Mahyudin, dan Senator Nono Sampono menjadi kandidat terkuat hingga saat ini mengingat janji-janji politis yang mereka sebutkan disambut riuh tepuk tangan para hadirin.

Berbeda dengan ketiganya, Senator Bengkulu, Sultan Bachtiar mencoba bersikap diplomatis dengan merangkul ketiga calon lainnya dalam mekanisme pemilihan yang adil dan demokratis.

"Ada kesepakatan di dalam hati dari La Nyalla, Mahyudin, dan Nono kalau siapapun yang terpilih jadi ketua maka dia adalah ketua kita semua dan tidak boleh kita terpecah belah," kata Sultan sembari merangkul ketiga calon Ketua DPD terpilih lainnya.

Ia mengatakan kalau semua calon ketua DPD terpilih telah bermufakat untuk menyerahkan mekanisme pemilihan kepada seluruh senator yang hadir.

Atas keinginan tersebut, pimpinan DPD sementara, Jialyka Maharani dan Sabam Sirait menampung aspirasi tersebut dan menyelenggarakan pemungutan suara.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019