Jakarta (ANTARA) - WhatsApp dikabarkan sedang mengembangkan fitur pesan temporer, bernama "disappearing messages" yang akan hilang sendiri setelah dibaca oleh peneriman pesan.

Dikutip dari laman WABetaInfo, WhatsApp memasukkan fitur itu ke versi beta 2.19.275 di Google Play Beta Program. Setiap pesan yang diatur sebagai "disappearing messages" secara otomatis akan hilang setelah beberapa waktu.

Fitur pesan temporer itu berlaku untuk grup obrolan. Setelah fitur aktif, pesan akan hilang dan tidak ada label pesan telah dihapus seperti yang ditemukan dalam fitur hapus pesan.

Berdasarkan tangkapan layar yang diunggah oleh WABetaInfo, WhatsApp memberikan interval 5 detik dan satu jam, setelah itu pesan akan hilang.

Fitur "disappearing messages" saat ini masih berada di tahap pengembangan alpha, atau baru saja dikerjakan. Belum ada kepastian kapan fitur ini akan hadir di aplikasi WhatsApp.

Pesan temporer yang otomatis menghilang itu juga sering disebut sebagai "self destructing message" di platform berbagi pesan. WhatsApp cukup tertinggal memiliki fitur tersebut di platform mereka.

LINE pernah memiliki fitur serupa bernama "hidden chat", sementara Telegram menamai fitur seperti itu sebagai "secret chat".

Baca juga: WhatsApp dicibir Telegram dan penggunanya

Baca juga: Fitur penting WhatsApp untuk menjaga privasi

 

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019