Pembukaan Festival Film Busan dibatalkan akibat topan

Pembukaan Festival Film Busan dibatalkan akibat topan

Busan International Film Festival (BIFF). (Yonhap)

Jakarta (ANTARA) - Pembukaan Festival Film Internasional Busan (BIFF), sebagai festival film terbesar di Korea Selatan, telah dibatalkan menyusul topan Mitag yang menerjang wilayah itu.

"Kami menginformasikan bahwa acara pembukaan malam yang dijadwalkan berlangsung pada Rabu (2/10) pukul 18:00 KST telah dibatalkan karena pernyataan tentang topan khusus tingkat lanjut telah dikeluarkan. Itu karena pengaruh topan Mitag," kata kantor festival itu dalam pernyataan resmi, dikutip Variety, Rabu.

"Demi keselamatan penonton dan tamu kami, melalui pernyataan ini, kami memberi tahu telah memutuskan untuk membatalkan acara tersebut," lanjutnya.

Menurut badan prakiraan cuaca Korea Selatan, topan itu kemungkinan akan mendarat di pantai barat daya semenanjung Korea sekitar Rabu malam waktu setempat.

Baca juga: Film "The Science of Fictions" karya Yosep Anggi Noen tayang di Busan

Upacara pembukaan festival Busan akan dijadwalkan ulang pada Kamis (3/10) dan diharapkan dapat berlangsung dengan lancar.

Pada 2018, BIFF sempat membatalkan beberapa acara di luar ruangan (outdoor) dan memindahkan para tamu ke tempat yang lebih aman karena topan Kong-Rey.

BIFF 2019 menampilkan film karya Kore-eda Hirokazu "The Truth" serta film "The King," karya David Michod sebagai presentasi gala.

Busan juga mengkonfirmasi bahwa aktor Amerika Timothee Chalamet akan menghadiri festival untuk film Netflix-nya berjudul "The King."

Baca juga: Festival Film Busan siap hibur penggemar sinema

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar