Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah pesan singkat beredar melalui layanan pesan singkat (SMS) dengan tagar #gejayancarirecehan yang diklaim berasal dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Gajah Mada (BEM UGM).

Pesan tersebut berbunyi, "Thanks to Mas Riko Tude, yang sudah menaikkan level kita menjadi ajang #gejayancarirecehan. Monggo diambil panggungnya Mas. Kalo sudah ditransfer dari Senayan, bagi-bagi ke kita yaaa."

Klaim: Pesan SMS tentang #gejayancarirecehan berasal dari BEM UGM
Rating: Salah/Disinformasi

Penjelasan:
Dari penelusuran Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika,  Presiden BEM-KM UGM M Atiatul Muqtadir menyatakan secara tegas bahwa pesan singkat (SMS) tersebut bukan berasal dari BEM-KM UGM.

Atiatul juga menegaskan bahwa BEM UGM tidak pernah mendistribusikan informasi melalui SMS sehingga pesan yang mengatasnamakan BEM UGM tersebut adalah kabar bohong (hoaks). 
 
Tangkap layar Laporan Isu Hoaks Harian Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang pesan SMS dengan tagar #gejayancarirecehan yang diklaim berasal dari BEM UGM.



Cek Fakta : Kapolda DIY sebut unjuk rasa mahasiswa di Yogyakarta berlangsung damai

 

Pewarta: Tim JACX dan Kemkominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
Copyright © ANTARA 2019