Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di MPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan pihaknya cenderung akan mendukung politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo untuk menjadi Ketua MPR.

"Ini kecenderungan, belum sikap resmi PAN, karena masih akan ada lobi-lobi yang sifatnya dinamis," kata Saleh saat ditemui seusai Rapat Gabungan Pimpinan Sementara MPR dengan Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Ini 10 kandidat pimpinan MPR 2019-2024

Saleh mengatakan PAN membuka komunikasi dengan seluruh pihak yang berkepentingan untuk maju sebagai ketua MPR, yaitu Partai Golkar, Bambang Soesatyo, Partai Gerindra, maupun Ahmad Muzani.

Menurut Saleh, masing-masing fraksi dan kelompok DPD berhak untuk mengajukan calon sebagai ketua MPR, termasuk DPD yang sudah mengusung Fadel Muhammad sebagai ketua MPR.

"Silakan pihak-pihak yang berkepentingan melakukan komunikasi dan lobi-lobi agar ketua MPR bisa dipilih secara mufakat," tuturnya.

Saleh mengatakan masing-masing partai sebenarnya sudah memiliki kecenderungan-kecenderungan untuk mendukung salah satu calon. Begitu pula dengan DPD yang baru Rabu (2/10) malam menentukan Fadel Muhammad untuk menjadi pimpinan MPR, sangat mungkin cenderung mengusung Fadel sebagai ketua MPR.

Baca juga: NasDem dukung Bamsoet jadi ketua MPR

Setidaknya ada tiga nama yang mencuat untuk menjadi calon ketua MPR, yaitu Ahmad Muzani dari Partai Gerindra, Bambang Soesatyo dari Partai Golkar, dan Fadel Muhammad dari DPD.

Sebanyak 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD periode 2019-2024 telah dilantik pada pelantikan yang diadakan di Ruang Rapat Paripurna I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Pimpinan DPR dan DPD sudah dipilih dan ditetapkan pada Selasa (1/10). DPR akan diketuai Puan Maharani dan DPD akan diketuai La Nyalla Mattalitti. 

Baca juga: Fadel siap bertarung jadi Ketua MPR

Baca juga: Fraksi Gerindra optimis Ahmad Muzani jadi Ketua MPR
 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019