Dua tanaman langka kembali tumbuh mekar. Tahun ini adalah tahun yang spesial karena Bunga Rafflesia kembali mekar untuk ke-16 kalinya dalam kurun waktu 10 tahun terakhir
Bogor (ANTARA) - Dua tanaman langka di Kebun Raya Bogor (KRB), Jawa Barat, Amorphophallus gigas dan Rafflesia patma atau biasa disebut bunga bangkai kembali tumbuh mekar.

Humas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kebun Raya Bogor, Ayi Doni Darussalam kepada Antara di Bogor, Kamis, menyebutkan bahwa khusus untuk bunga rafflesia, jika dihitung intensitas pertumbuhannya sudah mencapai 16 kali mekar dalam 10 tahun terakhir.

Baca juga: Jokowi ajak Raja Malaysia keliling Kebun Raya Bogor

"Dua tanaman langka kembali tumbuh mekar. Tahun ini adalah tahun yang spesial karena bunga rafflesia kembali mekar untuk ke-16 kalinya dalam kurun waktu 10 tahun terakhir," ujar pria yang akrab disapa Doni itu.

Sedangkan Amorphophallus gigas pertama kali ditanam di Kebun Raya Bogor pada tanggal 4 Januari 2007. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar dua meter dan dapat mekar sempurna selama satu hari. Tapi, bunga gigas masih bisa bertahan dalam kurun waktu empat hari.

Baca juga: Kerusakan habitat ancaman terbesar Rafflesia patma

Tanaman asal Padang Sidempuan, Sumatra Barat itu menurut Doni tumbuh di tanah yang gembur atau berpori-pori dengan asupan air yang cukup. Sebab, jika air yang masuk ke akar gigas terlalu berlebihan maka umbi bakal membusuk.

Selain itu, menurutnya tanaman ini bisa tumbuh meninggi sampai empat meter. Gigas bisa tumbuh satu sampai tiga tahun tergantung besarnya umbi, tapi hanya mekar saat malam hari.

"Uniknya kedua koleksi ini sering disebut sebagai bunga bangkai, mungkin karena sama-sama mengeluarkan bau yang tidak sedap. Kedua tanaman langka ini memiliki bentuk yang cantik dan merupakan kekayaan alam Indonesia yang sangat berharga dan langka," kata Doni.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019