20.000 lebih perempuan pekerja ikuti pemeriksaan IVA

20.000 lebih perempuan pekerja ikuti pemeriksaan IVA

Anggota OASE KK yang juga istri Menteri Ketenagakerjaan Marifah Hanif Dhakiri (ANTARA/Khaerul Izan)

Cirebon (ANTARA) - Sebanyak 20.000 lebih perempuan pekerja di seluruh Indonesia telah mengikuti pemeriksaan IVA tes yang diselenggarakan oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK), dalam rangka menghindari penyakit salah satunya kanker serviks.

"Kami terus melakukan pemeriksaan IVA tes di seluruh perusahaan di Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas," kata Anggota OASE KK yang juga istri Menteri Ketenagakerjaan Marifah Hanif Dhakiri di Cirebon, Kamis.

Ia mengatakan pemeriksaan IVA tes itu sudah dilakukan sejak tahun 2015 lalu, di mana sampai saat ini sudah ada sekitar 20.000 khususnya perempuan pekerja yang mengikutinya.

Baca juga: Iriana Jokowi hadiri pemeriksaan IVA di Limboto

Alasan menyasar kepada para perempuan pekerjaan kata Marifah, karena mereka harus sehat sebab dia juga merupakan ibu rumah tangga.

"Pertama karena mereka bekerja, produktivitas harus tetap berjalan. Perempuan pekerja juga ibu rumah tangga, jadi mereka harus sehat saat bekerja maupun di rumah," ujarnya.

Marifah menambahkan dengan adanya pemeriksaan IVA tes, ini bisa menghindari para pekerja perempuan terhindar dari penyakit termasuk kanker serviks.

Pemeriksaan itu juga merupakan instruksi langsung Ibu Negara, di mana beliau menginginkan perempuan Indonesia harus sehat.

"Karena ini instruksi langsung Ibu Negara. Bahwa perempuan Indonesia harus sehat, termasuk perempuan pekerja," katanya.

Baca juga: Ibu negara sosialisasikan pemeriksaan IVA Test di Sumedang
 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bhayangkari cegah kanker rahim dan payudara

Komentar