Jakarta (ANTARA) - Desainer Rinaldy Yunardi meraih tiga penghargaan di ajang World of WearableArt (WOW) Awards 2019 yang diselenggarakan di Wellington, Selandia Baru.

Tiga penghargaan itu yakni Supreme WOW Award, Avant-Garde Section Award, dan International Design Award: Asia. Semua penghargaan itu didapat dari busana rancangan Rinaldy yang diberi nama The Lady Warrior.

Sebelumnya pada 2017, dia juga mendapat penghargaan serupa.

Rinaldy menjelaskan bahwa busana tersebut merupakan cerminan seorang perempuan tangguh yang memiliki kekuatan dari dalam diri untuk menjadi anak, istri dan ibu.

"Saya menggunakan berbagai macam bahan untuk merepresentasikan elemen-elemen berbeda. Saya menggunakan kertas daur ulang yang dibuat menjadi tali dan kemudian ditenun erat," jelas desainer yang karyanya dipakai oleh Madonna itu melalui keterangan resmi yang diterima pada Kamis.

"Ini merupakan simbol kemanusiaan dan kekuatan dalam diri yang dibangun dari pengalaman perempuan, mereka dilahirkan sebagai sosok yang rentan tapi pengalaman hidup mereka membuatnya kuat," lanjutnya. Baca juga: Rinaldy Yunardi, sosok perancang aksesori yang mendunia

Pendiri World of WearableArt yang juga juri tetap kompetisi itu, Dame Suzie Moncrieff mengatakan bahwa The Lady Warrior adalah busana yang dideskripsikan oleh para juri sebagai metamorfosis luar biasa dari bahan organik yang rapuh menjadi sesuatu yang sangat indah.

"Dengan membangun keseimbangan dan bentuk yang sempurna, serta didukung dengan keahlian apik, The Lady Warrior menggambarkan harmoni antara kerapuhan yang memesona dan kekuatan yang halus. Para juri sangat menyukai penggunaan teknik tenun tradisional untuk membuat bahan yang sangat kontemporer," ujar Moncrieff.

Tahun ini terdapat 108 busana karya 115 desainer dari 22 negara yang ikut berkompetisi dalam World of WearableArt.

Selama tiga minggu setiap tahunnya, kompetisi tersebut menampilkan karya finalis dengan pertunjukan teatrikal spektakuler di ibukota Selandia Baru, Wellington.

Sekitar 60.000 pengunjung dari dalam dan luar negeri diperkirakan hadir untuk menyaksikan World of WearableArt Awards 2019 yang digelar 26 September hingga 13 Oktober 2019. Baca juga: Anting desainer Indonesia dipakai Lady Gaga untuk iklan kosmetik

Baca juga: Diakui dunia, Rinaldy A Yunardi masih sering tak percaya diri

 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019