Penetapan pimpinan DPRD, Anies harap kerja sama makin terjalin baik

Penetapan pimpinan DPRD, Anies harap kerja sama makin terjalin baik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan pernyataan pada awak media di Balai Kota Jakarta, Jumat (27/9/2019), mengenai video ambulans pembawa batu milik Pemprov DKI Jakarta. (Antara/Ricky Prayoga)

Pak Ketua, Pak Wakil Ketua, kami berharap dengan ini insya Allah bisa ada komunikasi dan kerja bersama semakin baik
Jakarta (ANTARA) - DPRD DKI Jakarta, Kamis ini melaksanakan paripurna penetapan pimpinan dengan lima orang dari lima partai berbeda ditetapkan sebagai Dewan "Kebon Sirih" tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan dengan lima orang pimpinan dewan yang mendapatkan amanat untuk menjadi pimpinan dewan, kerja sama antara Pemprov dan DPRD semakin terjalin dengan baik.

"Saya ucapkan selamat pada lima orang yang mendapatkan amanat menjadi pimpinan dewan. Sebagian adalah pimpinan yang sudah selama ini berinteraksi. Pak Ketua, Pak Wakil Ketua, kami berharap dengan ini insya Allah bisa ada komunikasi dan kerja bersama semakin baik," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis.

Baca juga: Prasetio Edi Marsudi jabat Ketua DPRD DKI

Terutama, kata Anies, kemitraan antar mereka bisa berjalan dengan baik dengan agenda-agenda untuk diselesaikan bersama seperti beberapa Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang sekarang dalam proses antrean.

"Kami berharap itu nanti bisa segera mulai dituntaskan. Selama ini, cukup panjang, akibat kita menunggu Pemilu, kemudian penentuan pimpinan dan sekarang alhamdulillah sudah ditentukan. Kami berharap bisa segera pembahasan," ucap mantan Menteri Pendidikan tersebut.

Sementara itu, Ketua DPRD DKI terpilih Prasetio Edi Marsudi menyatakan pihaknya siap bekerjasama dengan Pemprov demi perbaikan Jakarta ke depannya.

Baca juga: Paripurna penetapan pimpinan DPRD DKI paling lambat awal Oktober

Hal itu karena, lanjut Politisi PDIP tersebut, masih banyak persoalan di Jakarta yang harus diselesaikan seperti banjir dan macet yang tak kunjung usai.

"Di mana juga perlu kita susun banyak sekali (langkah penataan kawasan) seperti daerah Tanah Tinggi dan Johar, lalu Tambora di situ kan padat. Nah di sini, kami nanti setelah dilantik sebagai Ketua DPRD definitif itulah yang akan kami laksanakan," ucap Prasetio menambahkan.

Diketahui, lima partai berhak menempati kursi pimpinan DPRD DKI yang terdiri dari satu Ketua DPRD dan empat Wakil Ketua DPRD. Untuk posisi Ketua DPRD diisi oleh PDI Perjuangan karena memperoleh kursi sebanyak mencapai 25 kursi yang menunjuk Prasetio Edi Marsudi.

Baca juga: Legislator: Pembahasan APBD 2020 tidak molor karena AKD belum selesai

Untuk Fraksi PKS menunjuk Wakil Ketua DPRD DKI yakni Abdurrahman Suhaimi. Sedangkan Fraksi Gerindra tetap menunjuk M. Taufik seperti halnya periode 2014-2019 lalu sebagai Wakil Ketua DPRD DKI.

Kemudian untuk Partai PAN telah memilih Zita Anjani sebagai Wakil Ketua DPRD DKI. Sedangkan Partai Demokrat menunjuk Misan Samsuri sebagai Wakil Ketua DPRD.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kesepakatan bulat menghentikan sementara revitalisasi Monas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar