Presiden Jokowi tekankan pembangunan SDM dalam RPJMN 2020-2024

Presiden Jokowi tekankan pembangunan SDM dalam RPJMN 2020-2024

Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla memasuki ruangan Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta pada Kamis (3/10/2019). (Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menjelaskan pemerintah berfokus kepada pembangunan sumber daya manusia (SDM) di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

"Untuk persiapan implementasi APBN tahun depan, 2020, ini ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama. Bahwa 2020 program tahun pertama pada periode pembangunan RPJMN 2020-2024 yang kita fokuskan kepada pembangunan sumber daya manusia secara besar-besaran," kata Jokowi dalam sambutan pembukaan Sidang Kabinet Paripurna bertopik "Evaluasi Pelaksanaan RPJMN 2014-2019 dan Persiapan Implementasi APBN Tahun 2020" di Istana Negara, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Presiden pimpin Sidang Kabinet Paripurna membahas RAPBN 2020

Menurut Jokowi, hal itu dilakukan tanpa meninggalkan pembangunan infrastruktur yang sebelumnya telah berjalan.

Presiden Jokowi mengarahkan agar reformasi pemerataan kualitas pendidikan menjadi fondasi dalam peningkatan kualitas SDM tersebut, serta program latihan kewirausahaan, "entrepreneurship' yang dimiliki masing-masing kementerian dan lembaga bisa disinergikan.

Baca juga: Presiden terapkan program pengembangan SDM besar-besaran tahun depan

Selain itu terkait upaya-upaya peningkatan investasi dan perdagangan, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah telah membahasnya pada beberapa pekan terakhir.

Dia berharap dapat segera menuntaskan upaya-upaya peningkatan investasi dan perdagangan antara lain seperti perbaikan perizinan, insentif, dan ketenagakerjaan.

Baca juga: Jokowi minta Menkeu alihkan anggaran kementerian ke PUPR

Sidang kabinet dihadiri oleh seluruh menteri Kabinet Kerja serta pimpinan lembaga. 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden Jokowi sampaikan lima amanat terkait RPJMN

Komentar