Kita buat semacam forum grup diskusi masyarakat sekitar agar ada kontribusi manfaatnya bagi masyarakat dan lingkungan
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Jakarta Timur akan menggarap kawasan Waduk Setu di Kecamatan Cipayung, sebagai destinasi wisata mulai 2020.
 
"Waduk Setu ini menjadi salah satu potensi alam yang memiliki manfaat sebagai paru-paru udara, penanggulangan banjir, destinasi kuliner, hingga pertunjukan seni budaya," kata Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar, di Jakarta, Kamis.
 
Menurut dia Waduk Setu seluas tiga hektare itu akan bergulir proses pembangunannya dengan mengadopsi masukan dari masyarakat sekitar.
 
"Kita buat semacam forum grup diskusi masyarakat sekitar agar ada kontribusi manfaatnya bagi masyarakat dan lingkungan," katanya.

Baca juga: Ade Yasin pamer potensi wisata Bogor ke Kemenpar
 
Masukan dari forum tersebut akan menjadi acuan pihaknya dalam menentukan desain kawasan wisata yang cocok dengan karakter lingkungan setempat.
 
Pihaknya juga mengajak peran serta pemerintah pusat untuk berkontribusi dalam pendanaan pembangunan.
 
"Kalau dilihat letaknya yang berada di antara wilayah Depok dan Jakarta Timur, saya kita cukup strategis dan pemerintah pusat juga perlu berkontribusi," katanya.

Baca juga: Objek wisata swafoto makin marak, persaingan makin ketat
 
Pihaknya dalam waktu dekat juga akan membuka akses jalan menuju Setu Cipayung untuk memudahkan akses bagi masyarakat menuju lokasi.
 
"Akses jalan akan kita bahas kalau perlu kita bebaskan lahannya. Kita akan papas jalannya supaya lebih mudah," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019