Kemendag siap rampungkan Nawa Cita Presiden Jokowi soal pasar rakyat

Kemendag siap rampungkan Nawa Cita Presiden Jokowi soal pasar rakyat

Ilustrasi - Para pekerja tengah menyelesaikan pembangunan Pasar Rakyat Klojen, di Kota Malang, Jawa Timur. ANTARA/Vicki Febrianto

adanya revitalisasi tersebut, omzet yang diterima pedagang juga mengalami kenaikan
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan pada 2019 akan merampungkan program Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membangun dan merevitalisasi 5.000 pasar rakyat di Indonesia.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa memang target yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo untuk revitalisasi pasar rakyat selama masa kepemimpinan periode pertama sebanyak 5.000 pasar. Namun, Kemendag mengaku mampu menyelesaikan revitalisasi dan melebihi target yang ditetapkan Presiden.

"Jika diakumulasi selama masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo, hingga akhir 2019 nanti akan ada 5.231 pasar yang telah direvitalisasi," kata Enggartiasto, di Kota Batu, Kamis.

Baca juga: Kemenkop UKM: Pasar rakyat harus dikelola koperasi secara profesional

Enggartiasto menjelaskan pada kurun waktu 2015 hingga 2018, Kementerian Perdagangan telah mampu merampungkan revitalisasi dan pembangunan 4.152 pasar rakyat di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan adanya revitalisasi tersebut, omzet yang diterima pedagang juga mengalami kenaikan kurang lebih sebesar 21 persen.

Sementara itu, lanjut Enggartiasto, khusus pada 2019 saja pihaknya mengagendakan 1.079 pasar rakyat untuk direvitalisasi atau dibangun. Sehingga, secara keseluruhan total pasar rakyat yang direvitalisasi dan dibangun pemerintah berjumlah lebih dari 5.200 pasar.

"Diharapkan pada akhir 2019, itu bisa selesai semua dan bisa menggerakkan ekonomi rakyat dengan lebih baik," ujar Enggartiasto.

Baca juga: Revitalisasi pasar rakyat di Kota Malang ditarget rampung akhir 2019

Revitalisasi pasar rakyat masuk dalam salah satu poin Nawa Cita Presiden Joko Widodo. Meskipun Menteri Perdagangan telah berganti beberapa kali, namun program tersebut terus dijalankan dengan target yang sama.

Pada 2015, di bawah kepemimpinan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, sebanyak 1.023 unit pasar telah direvitalisasi.

Kemudian, pada 2016, kepemimpinan Kementerian Perdagangan berganti, namun program revitalisasi tersebut tetap berjalan. Tercatat pada 2016 di bawah Thomas Lembong, pasar yang direvitalisasi sebanyak 793 unit.

Pada pertengahan 2017, tongkat kepemimpinan diberikan kepada Enggartiasto, dan merampungkan revitalisasi pasar rakyat sebanyak 851 pasar.  Kemudian, program tersebut terus dilanjutkan, hingga pada 2018 ditargetkan sebanyak 1.485 pasar rakyat yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dan pada 2019 ditargetkan mampu merampungkan 1.079 pasar rakyat.

Dalam kurun waktu 2015-2019, total pendanaan untuk melakukan pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat mencapai Rp12,74 triliun.

Baca juga: Presiden Ingin Pasar Sukawati Bali jadi pasar rakyat modern

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden ingin Pasar Sukawati jadi pasar rakyat modern

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar