counter

Festival Film Busan ke-24 akan tampilkan 303 film dari 85 negara

Festival Film Busan ke-24 akan tampilkan 303 film dari 85 negara

Tangkapan layar promosi Busan International Film Festival 2019 di akun Instagram BusanFilmFest. (Instagram/BusanFilmFest)

Jakarta (ANTARA) - Festival Film Internasional Busan (BIFF) ke-24 dibuka di kota pelabuhan selatan Busan, Korea Selatan, pada Kamis, yang akan menampilkan 303 film dari 85 negara dan beragam program menarik.

Diawali dengan acara pembukaan yang diadakan di Pusat Sinema Busan dan dipandu oleh aktor Korsel Jung woo-sung dan Aktris Lee Hanee, festival itu akan berlangsung selama 10 hari berturut-turut, demikian seperti dilaporkan Yonhap.

Film pertama akan yang akan diputar dalam BIFF 2019 adalah "The Horse Thieves. Roads of Time" yang disutradarai oleh Yerlan Nurmukhambetov dari Kazakhstan dan Lisa Takeba dari Jepang.

Pada 2015, Nurmukhambetov mendapat penghargaan BIFF News Currents untuk filmnya "Walnut Tree". Penghargaan itu diberikan kepada sutradara Asia yang sedang naik daun.

Baca juga: Pembukaan Festival Film Busan dibatalkan akibat topan

Pada bagian kompetisi New Currents 2019, ada 14 film dari 10 negara yang akan bersaing mendapat hadiah. Di antara film-film yang bersaing itu adalah "John Denver Trending" garapan sutradara Filipina Arden Rod Condez dan "An Old Lady" karya Lim Sun-ae dari Korsel.

Dewan juri untuk kompetisi New Currents dipimpin oleh sutradara Inggris Mike Figgis, bersama dengan Karel Och, seorang pembuat film Ceko, Samal Yeslyamova yang merupakan aktris Kazakhstan, Lee Sinje yang juga dikenal sebagai Angelica Lee, seorang aktris Malaysia, dan Suh Young-joo sebagai CEO dari distributor film Korsel.

Sementara, film "The Truth" yang disutradarai Hirokazu Kore-eda yang memenangi Palme d'Or dan tiga film lainnya termasuk "The King" arahan Davidflix dari Netflix, akan ditayangkan di bagian Gala Presentation yang menayangkan karya-karya terbaru dari sutradara kontemporer.

Baca juga: Festival Film Busan siap hibur penggemar sinema

Lalu, akan ada program pemutaran film khusus untuk memperingati 100 tahun sinema Korea. Sepuluh karya sutradara terkenal Korsel, termasuk "The Housemaid" (1960) oleh sutradara Kim Ki-young dan "Old Boy" (2003) oleh Park Chan-wook, akan diputar di bawah slogan "Sejarah 100 Tahun Bioskop Korea, 10 Film Korea Besar".

Festival film itu juga akan menghadirkan pemutaran tujuh film retrospektif oleh pembuat film Korea Selatan terkemuka, termasuk "Woman of Fire" karya Kim Ki-young (1971), "Late Autumn" garapan Kim Soo-yong (1981). dan "Hwang Jin-ie" arahan Bae Chang-ho (1986).

BIFF digelar hingga 12 Oktober 2019 dan akan ditutup dengan "Moonlight Winter," sebuah melodrama oleh sutradara Korea Selatan Lim Dae-hyung. Dae-hyung memenangi penghargaan New Currents untuk "Merry Christmas Mr. Mo" pada 2016.

Baca juga: Tiga film Indonesia diputar di Festival Film Tokyo 2019

Penerjemah: Heppy Ratna Sari
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Gundala, tembus festival film internasional

Komentar