Menteri PANRB lantik tujuh anggota KASN

Menteri PANRB lantik tujuh anggota KASN

Menpan Syafruddin (kanan) melantik tujuh Anggota KASN di Jakarta, Kamis. (Humas PANRN)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin melantik tujuh anggota Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) periode 2019-2024, di kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Kamis.

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis, tujuh anggota KASN yang dilantik yakni Agus Pramusinto selaku Ketua KASN merangkap anggota, Tasdik Kinanto selaku Wakil Ketua KASN merangkap anggota serta lima anggota lain Sri Hadiati Wara Kustriani, Agustinus Fatem, Rudiarto Sumarwono, Arie Budhiman, dan Mustari Irawan.

Baca juga: Pembangunan SDM jadi fokus RPJMN 2020-2024

Baca juga: Presiden Jokowi tekankan pembangunan SDM dalam RPJMN 2020-2024

Baca juga: Tingkatkan daya saing SDM Indonesia, UPM gelar Study Abroad Day 2019

Baca juga: Pemerintah siapkan Rp508,1 triliun untuk tingkatkan kualitas SDM 2020


Menteri PANRB Syafruddin berharap para anggota KASN yang dilantik dapat menjalankan tugas sebaik mungkin sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.

Pernyataan Menteri Syafruddin tersebut disambut baik oleh para pejabat KASN yang telah resmi dilantik.

Ketua KASN Agus Pramusinto menyatakan siap bekerja sama dengan jajaran KASN untuk menjalankan tugas dan fungsi lembaga sesuai dengan amanah Presiden.

“Pesan Presiden untuk menguatkan SDM unggul akan kita dukung dan kita di KASN akan menjalankan fungsi sebagai pengawas sistem merit, baik di kementerian, lembaga, maupun di pemerintah daerah,” ujar Agus Pramusinto.

Senada dengan Agus, anggota KASN Agustinus Fatem mengungkapkan bahwa ia siap mengabdi dan memberikan yang terbaik bagi kemajuan KASN dan Aparatur Sipil Negara di Indonesia.

"Langkah pertama yang akan kami lakukan adalah brainstorming terkait dengan persoalan-persoalan apa yang ada di KASN, tugas-tugas apa yang sudah dilakukan oleh komisioner sebelumnya, baru dari situ kami akan menetapkan langkah-langkah kita ke depan,” ujar Agustinus Fatem.

Lebih lanjut, Guru Besar Universitas Cendrawasih ini menambahkan ia juga akan fokus mendampingi pemda, terutama pada pemda yang belum sepenuhnya menerapkan sistem merit.

“Kalau dari hasil pemetaan KASN, ada daerah provinsi yang tergolong pada kategori baik dalam pelaksanaan sistem merit, tetapi ada enam provinsi yang masih dalam kategori buruk. Enam provinsi ini yang saya kira oleh KASN akan diberikan perhatian khusus,” jelas dia.

Para anggota KASN masa bakti 2019-2024 memiliki beragam latar belakang pendidikan dan keahlian. Semuanya telah dipastikan memiliki kemampuan, pengalaman, serta pemahaman tentang kebijakan dan manajemen SDM.

Seperti yang diketahui, sejak Juli 2019, pemerintah membuka peluang seluruh Warga Negara Indonesia untuk menjadi Anggota KASN melalui seleksi terbuka.

Para anggota yang dilantik telah melewati rangkaian seleksi ketat, mulai dari seleksi administrasi, penulisan makalah, dan profile assessment yang meliputi assessment center dan tes psikologi hingga tahap wawancara serta tes kesehatan.

Pelantikan ini turut dihadiri Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Pengamat Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro, Ketua Tim Independen Reformasi Birokrasi Nasional (TIRBN) Eko Prasojo

Selain itu turut hadir Anggota Tim Reformasi Birokrasi Nasional J. B. Kristiadi, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB M. Yusuf Ateh, Deputi bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Rini Widyantini, segenap Staf Ahli Kementerian PANRB dan Staf Khusus Menteri PANRB, sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian PANRB, LAN, dan BKN, serta para tamu undangan.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Syafruddin: saya sudah jadi sipil

Komentar