Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Jumat pagi, setelah dua hari mengalami kerugian besar dengan layanan kesehatan memimpin pemulihan menyusul penurunan indeks senilai 42 miliar dolar Australia sehari sebelumnya.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 8,60 poin atau 0,13 persen menjadi diperdagangkan di 6.501,60 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 9,60 poin atau 0,15 persen pada 6.621,30 poin.

Sektor kesehatan naik hampir dua persen sementara teknologi informasi juga membukukan keuntungan yang kuat. Sektor sumber daya dan industri juga menguat, namun keuangan turun seperti halnya consumer discretionary.

Baca juga: Pasar saham Australia menuju kejatuhan mingguan terburuk pada 2019

Keuntungan mengikuti petunjuk kuat dari Wall Street yang berbalik menguat semalam.

"Pasar saham AS bergejolak lagi, tetapi pedagang mencari nilai di pasar menjelang laporan pekerjaan penting," kata analis pasar Commsec Craig James.

"Data ekonomi lebih lembut dari yang diperkirakan, tetapi itu menyebabkan lebih banyak investor mengharapkan penurunan suku bunga pada pertemuan Federal Reserve berikutnya. Saham-saham teknologi berkinerja terbaik."

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia merosot dengan Commonwealth Bank turun 0,04 persen, ANZ turun 0,37 persen, National Australia Bank turun satu persen dan Westpac Bank turun 0,46 persen.

Baca juga: Pasar saham Australia ditutup melonjak didukung penurunan suku bunga

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih tinggi dengan BHP naik 0,40 persen, Rio Tinto naik 0,62 persen dan Fortescue Metals naik 1,60 persen, namun penambang emas Newcrest turun 0,92 persen.

Perusahaan minyak dan gas bervariasi dengan Oil Searc naik 0,43 persen, Santos tidak berubah dan Woodside Petroleum naik 0,55 persen.

Supermarket terbesar Australia beragam dengan Coles turun 0,60 persen, dan Woolworths naik 0,06 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra terangkat 0,88 persen, perusahaan penerbangan nasional Qantas meningkat 0,64 persen dan perusahaan biomedis CSL menguat 2,82 persen.

Baca juga: Pasar Australia berakhir melemah terimbas saham perbankan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019