Kondisi Wamena mulai kondusif, Mensos imbau warga tidak eksodus

Kondisi Wamena mulai kondusif, Mensos imbau warga tidak eksodus

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita usai melantik pejabat Kemensos di Jakarta, Jumat (4/10/2019) (ANTARA/Desi Purnamawati)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengimbau warga tidak eksodus meninggalkan Wamena, Provinsi Papua karena kondisi keamanan saat ini mulai kondusif pascakerusuhan di daerah tersebut.

"Saya mengimbau tidak perlu eksodus karena keamanan sudah semakin kondusif," kata Mensos usai melantik pejabat eselon I Kementerian Sosial di Jakarta, Jumat.

Menurut Agus, saat ini suasana semakin kondusif dan ke depan adanya suatu komitmen dari aparat keamanan untuk menciptakan suasana kondusif di seluruh tanah Papua.

Baca juga: 9.078 pengungsi dievakuasi dari Wamena gunakan hercules TNI-AU

"Memang masih ada beberapa warga yang masih khawatir, masih merasa takut dan saya kira itu sangat manusiawi," tambah dia.

Agus mengatakan, Papua masih membutuhkan sumberdaya manusia yang handal sehingga ekonomi di daerah itu bisa kembali pulih yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Mari kita bersama-sama siapapun itu semua pihak lepas dari latar belakang apapun kita punya komitmen untuk sama-sama membangun tanah Papua," katanya.

Baca juga: Papua Terkini- Kapolda Papua kembali kunjungi pengungsi dari Wamena

Pemerintah Pusat juga akan mendampingi dan juga terus akan memberikan pelayanan agar keamanan dan keselamatan warga bisa terjaga.

Kementerian Sosial telah mengirimkan bantuan senilai Rp3,8 miliar untuk penanganan dampak kerusuhan di Wamena berupa logistik, usaha ekonomi produktif dan juga santunan ahli waris.

Kemensos juga memperkuat program layanan dukungan sosial dengan mengirimkan tim untuk melakukan penyembuhan trauma warga yang terdampak khususnya yang ada di pengungsian.

Setelah kerusuhan terjadi di Wamena pada 23 September 2019, ribuan warga pendatang meninggalkan Wamena dan juga Papua ke kampung halaman masing-masing.

Baca juga: 50 pengungsi dari Wamena tiba di Magetan
Baca juga: Papua Terkini- 140 pengungsi asal Sumbar dievakuasi dari Sentani

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

PUPR targetkan pembangunan pasca rusuh Wamena selesai April 2020

Komentar