Menlu Jerman: EU akan respon kebijakan tarif AS dengan cara sendiri

Menlu Jerman: EU akan respon kebijakan tarif AS dengan cara sendiri

Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbincang dengan Kanselir Jerman Angela Merkel pada pertemuan bilateral di sela agenda ktt G7 di Biarritz, Prancis, Senin (26/8/2019). (REUTERS/CARLOS BARRIA)

Berlin (ANTARA) - Uni Eropa (EU) akan mengambil langkah untuk merespon kebijakan tarif Amerika Serikat terhadap barang-barang Eropa, sebagaimana dikatakan Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas, dalam pernyataan di koran-koran, Jumat.

"Uni Eropa terpaksa akan bereaksi, setelah mendapatkan persetujuan dari Organisasi Dagang Dunia (WTO), kemungkinan EU akan memberlakukan tarif hukuman juga," kata Menlu Maas, yang merupakan anggota partai Sosial Demokrat yang kini tengah memerintah, pada grup surat kabar Funke.

Baca juga: UE nyatakan siap berunding dengan AS dalam sengketa subsidi pesawat

Penyataan Maas itu dikeluarkan usai WTO memutuskan bahwa beberapa subsidi yang dibayarkan negara-negara UE kepada pembuat pesawat Airbus ilegal.

Keputusan tersebut memberikan Amerika Serikat hak untuk bereaksi dengan memberlakukan tarif terhadap barang-barang impor dari UE.

Baca juga: Survei: pasca-konflik dengan Uni Eropa, pasar AS kehilangan daya tarik

Washington mengumumkan rencana tarif barunya pada Rabu.

Menteri Keuangan Jerman, Olaf Scholz, yang juga anggota partai Sosial Demokrat, mengatakan pada Kamis bahwa Eropa harus bertindak bijaksana saat merespon kebijakan AS itu.

Dia mengatakan konflik dagang dalam dunia modern tak akan menguntungkan bagi pihak manapun.

Baca juga: Jerman katakan perang dagang Eropa-Amerika Serikat masih bisa dihindari

Sumber: Reuters

Penerjemah: Aria Cindyara
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Diskriminasi sawit Indonesia, Airlangga ingatkan Eropa soal Airbus

Komentar