counter

Wisatawan China dan Korea makin ramai kunjungi Belitung

Wisatawan China dan Korea makin ramai kunjungi Belitung

Salah satu pelabuhan di Belitung, sarana infrastruktur bagi wisatawan mancanegara (bebal.antaranews.com)

Kami yakin jumlahnya akan bertambah karena ada event internasional yakni Sail Indonesia yang akan dilaksanakan 16-20 Oktober dan Festival Tanjung Kelayang
Belitung, Babel (ANTARA) - Wisatawan dari negara China dan Korea ramai berkunjung ke Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna menikmati keindahan alam daerah yang memiliki julukan "Negeri Laskar Pelangi" tersebut.

"Selain itu kami mencatat wisatawan dari Singapura dan Malaysia juga ramai berkunjung ke Belitung," kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Rohili di Tanjung Pandan, Jumat.

Ia mengatakan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di daerah itu pada Januari hingga Agustus 2019 mencapai 9.342 orang dan wisatawan nusantara sebanyak 191.392 orang.

Menurut dia, sejauh ini tren kunjungan wisatawan mancanegara mengalami peningkatan dalam kurun waktu empat bulan terakhir.

Kunjungan wisatawan mancanegara pada Mei 2019 sebanyak 644 orang, Juni sebanyak 1.078, Juli sebanyak 1.049 orang, dan Agustus sebanyak 1.569 orang.

Sedangkan pada tahun 2017 total kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 9.358 orang dan tahun 2018 sebanyak 14.681 orang.

"Kami yakin jumlahnya akan bertambah karena ada event internasional yakni Sail Indonesia yang akan dilaksanakan 16-20 Oktober dan Festival Tanjung Kelayang," ujarnya.

Selain itu dengan dibukanya rute penerbangan langsung dari Kuala Lumpur oleh maskapai AirAsia akan meningkatkan jumlah kunjung wisatawan mancanegara ke daerah itu.

Rohili menambahkan adapun destinasi yang dikunjungi wisatawan mancanegara tersebut adalah wisata petualangan dan melihat tradisi kebudayaan lokal masyarakat setempat.

"Seperti berkunjung ke Desa wisata Terong dan melihat hewan endemik yang ada di Belitung yakni tarsius atau pelilean," katanya.

Baca juga: AirAsia mulai penerbangan ke Belitung dan Sorong, ini harapan Kemenhub

Pewarta: Kasmono
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Indahnya bebatuan raksasa Belitung

Komentar