Pontianak (ANTARA) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donova saat berkunjung ke Klinik Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Jumat, menyampaikan apresiasi kepada ASRI yang telah memberdayakan masyarakat di sekitar Taman Nasional Gunung Palung.

Dalam kunjungan yang didampingi istrinya, Mei Chou Donovan, di Sukadana, Jumat, Joseph R. Donova sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh ASRI terhadap masyarakat lokal dalam program kesehatan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar TNGP.

"Saya diberi kesempatan untuk tur keliling di Klinik ASRI, kemudian dijelaskan berbagai program masyarakat yang dilakukan klinik itu. Kami terkesan dengan apa yang dilakukan oleh klinik ASRI untuk masyarakat lokal di sini," kata Joseph di depan awak media.

Kunjungannya dalam rangka peringatan hubungan bilateral antara Amerika Serikat dan Indonesia yang ke-70 dengan tajuk hubungan antarmasyarakat Amerika Serikat dan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Jaga keanekaragaman hayati, TNGP lakukan restorasi hutan

"Sebagai bagian dari perayaan 70 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara, kami di sini untuk merayakan hal yang dapat dicapai melalui kemitraan antarmasyarakat kedua negara," katanya.

Klinik ini, menurut dia, adalah contoh luar biasa dari kemitraan, yaitu menyatukan penduduk setempat, masyarakat sipil, dan pemerintah daerah untuk menyediakan pelayanan kesehatan berkualitas tinggi yang terjangkau, serta mendukung masa depan hutan yang berharga di Kabupaten Kayong Utara.

Sementara itu, Direktur Eksekutif ASRI, Nur Febriani mengatakan bahwa ASRI telah lama membina hubungan serta mendapatkan dukungan dari masyarakat Amerika Serikat dan Kedutaan AS untuk Indonesia.

Selama ini, kata dia, ASRI banyak mendapatkan dukungan dari masyarakat AS yang peduli dengan hutan hujan tropis di Kalimantan.

Menurut dia, dukungan pelayanan kesehatan dan pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat di sekitar Taman Nasional Gunung Palung dan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya sebagai wujud terima kasih karena telah menjaga hutan, paru-paru dunia, yang sangat penting bagi keberlangsungan planet ini.

Pada hari pertama Dubes AS juga berkunjung ke beberapa program ASRI untuk masyarakat yang mendapatkan dukungan pendanaan program konservasi melalui Badan Pembangunan Amerika Serikat (USAID) dan US Fish and Wildlife Service (USFWS), seperti mata pencaharian alternatif untuk penebang pohon, pembuatan pupuk organik, dan pemberian kambing untuk para janda.

Baca juga: Flora Asing Invasif Ditemukan di TNGP

Baca juga: Pemburu Burung di Kawasan TNGP Ditindak


Hingga saat ini, banyak mahasiswa dan profesional dari Amerika Serikat yang datang berkunjung dan belajar dari ASRI sebagai organisasi planetary health yang mengintegrasikan kesehatan dengan lingkungan sambil menikmati keindahan alam dan kehidupan masyarakat Kayong Utara.

Dengan adanya kunjungan Dubes AS ini, dia berharapkan dapat mendorong makin kuatnya hubungan antara masyarakat Indonesia dan Amerika Serikat.

Pewarta: Andilala/Rizal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019