Laporan dari London

Gelar forum bisnis, KBRI gaet pengusaha Italia tingkatkan perdagangan

Gelar forum bisnis, KBRI gaet pengusaha Italia tingkatkan perdagangan

Ilustrasi: Indonesia kembali berpartisipasi pada pameran produk makanan Tuttofood, dengan mengusung tema ‘Indonesia, l’arcipelago dei sapori’ (Indonesia, nusantara cita rasa), yang dikelola Fungsi Ekonomi, Atase Perdagangan dan Pertanian KBRI Roma, serta Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan. .

Indonesia dan Italia memiliki banyak peluang kerja sama di berbagai sektor ekonomi
London (ANTARA) - Duta Besar Indonesia untuk Italia Esti Andayani mengatakan Indonesia dan Italia memiliki banyak kerja sama dalam berbagai sektor ekonomi dan bisnis, namun kerja sama tersebut belum mewakili seluruh potensi ekonomi kedua negara yang sangat besar.

Duta Besar RI untuk Italia Esti Andayani pada pembukaan Indonesia-Italy Business Forum (IIBF) 2019 di Milan, mengatakan Indonesia dan Italia memiliki banyak peluang kerja sama di berbagai sektor ekonomi.

Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Roma Veronika Vonny Handayani kepada Antara London, Jumat, mengatakan bisnis forum tersebut dihadiri sekitar 100 peserta dari kalangan bisnis Indonesia dan Italia berhasil menjaring minat 47 pengusaha Italia yang hadir untuk tindak lanjut bisnis dan investasi.

Sementara itu Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memaparkan Indonesia Railway Outlook Toward 2030, yang dilanjutkan dengan diskusi panel terkait Peluang Kerja Sama Bisnis dan Investasi di sektor Infrastruktur, Telekomunikasi, Industri Transportasi, dan Ekonomi Kreatif.

Kegiatan ini sangat menarik karena disiapkan dengan baik dan sangat berguna untuk prospek bisnis antara pengusaha Indonesia dan Italia. Kesan tersebut disampaikan peserta yang hadir pada saat melakukan business to business meeting dengan delapan perusahaan/instansi dari Indonesia, yang berpotensi untuk mencapai kesepakatan bisnis.

IIBF 2019 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Italia.

Kegiatan itu  diselenggarakan atas kerja sama KBRI Roma dengan KADIN Indonesia, Kementerian Luar Negeri RI dan didukung oleh Italian Trade Agency (ITA-ICE), CONFINDUSTRIA, dan Italian Chamber of Commerce for South-East Asia.

Pada hari yang sama, Dubes Esti Andayani didampingi Atase Perdagangan KBRI Roma, Silvi Charlote dan Kepala ITPC Milan, Narita Nurindah berkunjung ke perusahaan Fresh Tropical Srl di Milan.

Dubes menyampaikan apresiasi atas kontribusi perusahaan ini sebagai importir produk Indonesia, khususnya mi instan dan menjadi distributor produk Indofood sejak 2017 dengan nilai dan volume yang cukup signifikan.

Diharapkan Fresh Tropical Srl memperluas produk impornya dari Indonesia, khususnya buah segar, produk perikanan, dan produk halal.

Mr Jawad S Cheema, pemilik perusahaan Fresh Tropical, menyampaikan saat ini pihaknya dalam proses memasukan buah segar Indonesia ke Italia, antara lain manggis dan markisa melalui rekan dagang di Prancis.

 

 

 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar